Peresmian Unjani, Wujudkan Komitmen TNI AD Memajukan Pendidikan Bangsa



Yogyakarta, IMC - Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono meresmikan Universitas Achmad Yani (Unjani) Yogyakarta di Jalan Siliwangi Ringroad Barat Banyuraden Gamping, Sleman, Yogyakarta, Senin (26/3/2018).

Peresmian ditandai dengan penandatanganan salinan Surat Keputusan (SK) Pembentukan Unjani Yogyakarta, pembukaan selubung tulisan Universitas Achmad Yani di Depan Gedung Unjani, serta penyerahan bendera lambang Unjani Yogyakarta oleh Kasad kepada Rektor Unjani, Djoko Mulyono.

Menurut Kasad, pendirian Unjani Yogyakarta merupakan buah dari berbagai pertimbangan dan penilaian efisien, yakni hasil penggabungan STMIK Jenderal Achmad Yani dan STIKES Jenderal Achmad Yani menjadi Universitas Jenderal Achmad Yani.

"Di samping itu, hal ini juga merupakan tuntutan pendidikan ke depan dan komitmen bagaimana meningkatkan sumber daya manusia, khususnya anak-anak dari purnawirawan TNI dan TNI AD," terang Jenderal TNI Mulyono.

Lebih lanjut dijelaskan,  pendidikan masih menjadi permasalahan tersendiri di Indonesia. Meskipun sudah meningkatkan anggaran pendidikan, namun pemerintah baru memberikan sedikit perubahan pada aspek kualitatif, yakni semakin meratanya layanan pendidikan bagi masyarakat. Sedangkan pada aspek kualitas pendidikan belum mengalami perbaikan signifikan.

"Melalui peresmian Unjani Yogyakarta ini TNI Angkatan Darat melalui Yayasan Kartika Eka Paksi ingin memberikan kontribusi yang konkrit dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar generasi penerus bangsa Indonesia memiliki sumber daya yang terus meningkat, mampu bersaing, bahkan lebih unggul dibandingkan bangsa lain," ungkap Kasad.

Kasad berharap agar Unjani Yogyakarta menjadi pilot project klinik imunitas bangsa yang memberikan vaksin kekebalan berupa nilai-nilai luhur budaya bangsa untuk menjaga kelangsungan hidup bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Selain mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan, mereka juga harus menjadi generasi muda yang tangguh, dan menjadi bangsa yang memiliki sikap menghormati perbedaan, semangat untuk bersatu, rela berkrorban, pantang menyerah, memiliki jiwa kebersamaan, gotong royong, dan prefesionalisme," ujar Kasad.

Saat ini, Unjani Yogyakarta memiliki tiga fakultas. Pertama, Fakultas Kesehatan yang memiliki enam prodi. Kedua, Fakultas Teknik dan Teknologi Informasi yang memiliki lima Prodi jenjang S1 dan satu prodi jenjang ahli madya. Ketiga, Fakultas Ekonomi dan Sosial yang memiliki empat prodi. [ Skt - Sutaryo ]

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال