Navigation

Serma Sukirno : Panen Kedelai Di Desa Karangjengkol Meningkat Dibanding Panen Sebelumnya





Cilacap, IMC - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 06/Kesugihan Serma Sukirno  memdampingi kelompok tani Ciputri saat panen kedelai pada areal seluas 500 Ubin (0,42) hektare, di Desa Karangjengkol, Kecamatan Kesugihan,  Kabupaten Cilacap, Kamis (01/02).

Serma Sukirno mengaku akan terus melakukan pendampingan kepada para petani di wilayah binaan di Desa Karangjengkol untuk mewujudkan program swasembada pangan.

"Dengan adanya pendampingan ini, diharapkan akan meningkatkan semangat kerja para petani, sehingga akan mampu meningkatkan hasil produksinya," ujarnya.

Ia mengatakan para petani di wilayah Kesugihan, Kabupaten Cilacap, memanfaatkan lahan mereka untuk menanam kedelai. Untuk panen kali ini dengan jenis kedelai Anjasmara.

Perawatan tanaman sebagai bahan pokok untuk membuat tahu dan tempe serta susu kedelai itu relatif mudah yaitu pemberian pupuk setiap 10 hari sekali disertai pestisida agar bisa mengendalikan hama dan menjaga kesuburan tanah.

"Setelah tanaman kedelai sudah berumur 80 sampai 90 hari maka siap untuk di panen, kemudian dijemur agar kering sebelum dirontokkan untuk memisahkan kulit dan isinya," ujarnya.

PPL Kecamatan Kesugihan, H. Nurochim menyampaikan ucapkan terima kasih kepada Babinsa dari Koramil 06/Kesugihan, karena selama ini sudah mendampingi para petani sehingga hasil panen lebih maksimal dari pada panen sebelumnya.

"Karena itu, kami minta agar Babinsa, PPL dan Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap, untuk bisa menampung kedelai hasil panen para petani. Sehingga harganya bisa stabil dan mampu mencukupi kebutuhan hidup serta menyiapkan bibit pada masa tanam berikutnya," ujarnya.

Untuk panen kedelai di lahan seluas 500 Ubin atau 0,42 hektare kali ini hasil mencapai  3.280 Kg, "hasil ini lumayan bagus di bandingkan hasil tahun kemarin." Kata H. Nurochim. [ Sty ]

Penulis : Serda Sutaryo
Penyunting : Bambang Herman
Share
Banner

Bambang Herman

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: