Navigation

Istri Wakil Gubernur Aceh, Mengikuti Senam Jantung Sehat Bersama Masyarakat



Banda Aceh, IMC – Istri Wakil Gubernur Aceh, Dyah Erti Idawati mengikuti senam jantung sehat bersama masyarakat dan pegawai kantor camat Kuta Alam,di halaman kantor camat, Kecamatan Kuta Alam, Jumat (23/02/18) pagi.
Senam jantung sehat adalah olah raga yang disusun dengan selalu mengutamakan kemampuan jantung, gerakan otot besar dan kelenturan sendi, agar dapat memasukkan oksigen sebanyak mungkin ke dalam tubuh. Senam jantung sehat bertujuan merawat jantung dan pembuluh darah. Pembuluh darah yang sehat, membuat kerja jantung menjadi optimal, karena kedua organ tersebut bekerja saling berhubungan.
Di Indonesia, senam jantung sehat cukup populer. Bahkan senam jantung sudah dibuat sampai beberapa seri dan cocok digunakan oleh semua orang. Durasi senam jantung sehat berkisar 30 menit. Didahului oleh pemanasan, tahap conditioning, dan diakhiri pendinginan. Pemanasan adalah mengkondisikan fungsi fisik dengan cara meningkatkan suhu tubuh, meningkatkan mobilitas gerak persendian dan penguluran otot. Tahap conditioning terdiri dari bagian aerobik yakni gerak kontinyu ritmis (20 - 30 menit) dan bagian penguatan atau tahanan: berisi gerak melawan beban. Pendinginan mengembalikan fungsi fisik seperti keadaan awal secara bertahap yg ditandai dengan menurunnya suhu, berkurangnya keringat, frekuensi detak jantung kembali normal.
Dyah Erti usai melakukan senam menyampaikan bahwa, olah raga seperti senam pagi sangat baik untuk menjaga kesehatan. “Banyak orang sakit sekarang ini bukan karena usia, yang muda juga banyak yang sakit karena tidak berolah raga,” kata Dyah.



"Tujuan utama senam jantung adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Sedangkan manfaat senam jantung adalah memperlancar aliran darah dari jantung keseluruh tubuh. Apalagi untuk orang usia lanjut yang daya tahan kerja jantungnya sudah mulai berkurang, senam jantung sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung".
Penggerak PKK di Kecamatan maupun Gampong kata Dyah harus mempu mengajak masyarakat untuk mengikuti kegiatan seperti senam pagi maupun olahraga lainnya “Dengan olahraga, kita juga bisa bersilaturrahmi satu sama lain,” ujar Dyah.
Dyah berharap agar kegiatan senam tersebut nantinya juga dilakukan di kecamatan-kecamatan lain. Selain kegiatan senam, juga diadakan pemeriksaan gratis yang diberikan oleh Puskesmas Kuta Alam.

Penulis : Bambang Herman

Share
Banner

Bambang Herman

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: