Recent

Indonesia Media Center (IMC)

Dua Kecamatan di Brebes Tertimpa Bencana Banjir dan Tanah Longsor

Brebes, IMC  Bencana alam menimpa beberapa wilayah di Kabupaten Brebes. Minggu, 25 februari 2018, Kecamatan Salem dilanda tanah longsor, menyusul Kecamatan Losari yang turut pula tertimpa musibah bencana banjir.

Bencana alam tanah longsor terjadi di Desa Pasirpanjang Kecamatan Salem, Minggu pagi. Sejumlah team gabungan/relawan dengan total personil 1600 orang, melakukan pencarian para korban dengan membersihkan tanah longsor. Team gabungan mengevakuasi para korban, dibawah pimpinan Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono, terdiri dari TNI/Polri, Basarnas, BPBD dan organisasi lainnya, dengan di bantu masyarakat umum.

Para relawan dengan menggunakan alat bantu 4 unit exscavator dan peralatan lainnya, berhasil mengevakuasi para korban longsor, antara lain;

1) Hj. Karsini 66 th alamat Desa Pasirpanjang (P).
2) Bpk. Kasto 48 th alamat Desa Bentarsari (L).
3) Ibu Wati 80 th alamat Desa Pasirpanjang (P).
4) Bpk. Radam 59 th alamat Desa Cikokol (L).
5) Bpk Kiswan 45 th alamat Desa Pasirpanjang (L).
6) Ibu Wartinah 46 th alamat Desa Ciputih (P).
7) Ibu Carki 53 th alamat Desa Pasirpanjang (meninggal di RS umum Salem).
Selain itu, ditemukan pula beberapa potongan tubuh yaitu:
1) Satu potongan kepala dan tangan kiri jenis kelamin perempuan di satu lokasi.
2) Tangan kanan, diperkirakan jenis kelamin perempuan.
3) Potongan kaki kiri dan kaki kanan diperkirakan jenis kelamin laki-laki.
4) Potongan tubuh dari pinggul-lutut jenis kelamin laki-laki.

Wilayah lain yang terkena bencana alam yakni Kecamatan Losari. Musibah banjir menyapu 12 desa, antara lain: Bojongsari, Karangsembung, Babakan, Kalibuntu, Kedung Eneng, Pekauman, Losari Kidul, Losari Lor, Dukusalam, Blubukan, Kecipir, dan Pangabean.

Evakuasi dan karya bhakti pasca bencana banjir, dilakukan oleh sejumlah anggota TNI dibawah pimpinan Kapten Inf. Turiman (Danramil 05 Losari) dan Kapten Inf. Sutarno (Pasiter Kodim 0713/Brebes).

Team relawan berhasil menemukan satu korban tewas di persawahan Desa Bojongsari. Korban diketahui bernama Ani (27 thn), warga Rt.01 Rw.03 Ds. Bojongsari Kec. Losari. Dua korban lainnya yang berhasil di evakuasi yakni Mutiah (50 thn), warga Dukuh Bojong 2 Rt.1 Rw.3, Desa Bojongsari, dan Nita (8 thn), warga Desa Kecipir.

Titik pengungsian tampak di beberapa lokasi berikut, yakni: SMK Anur, SD Tembong Rea, Masjid Desa Kalibuntu, Balai Desa Randusari, dan Aula Kec. Losari.

Pasca bencana longsor, Tim gabungan dan relawan bahu membahu memperbaiki tanggul Sungai Cisanggarung yang jebol sepanjang 25 meter. Selain itu, Tim turut pula membantu membersihkan rumah warga Dukuh Bojong Desa Kalibuntu yang terdampak banjir.

Perkembangan terkini di jalan Pantura hingga berita ini diturunkan, sudah kembali normal dan dapat diakses kembali. Adapun untuk jalur  KA, sudah dibuka kembali sejak pukul 19.00 WIB Minggu malam. Posko Dapur Umum yang dipelopori oleh Bekangdam dan Tebek Slawi, saat ini terletak di Kantor Kecamatan Tanjung. (Yeni Muezza)
Share
Banner

Miss Muezza

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: