Indonesia Media Center (IMC)

Widoro Kandang dan Asmi Arga Wisata




Magetan | Jatim, IMC - Misteri Keramat Sendang Widoro Kandang di Desa Mategal Kecamatan Parang Kabupaten Magetan, hingga saat ini masih sangat dikeramatkan oleh penduduk desa yang bermukim di sekitarnya namun sangat di pantangan/dilarang untuk melakukan hal – hal dengan niat tidak baik.

Kekeramatan tersebut memang bukan tanpa alasan, pasalnya di Sendang Widoro kandang ini banyak warga yang beranggapan  Sendang Widoro Kandang Punden selalu melindungi penduduk desa dari bencana pagebluk atau yang lainya.

Cerita Mistis Nyata Bagi penduduk dukuh Gangsiran desa, Mategal Sendang Widoro Kandang  hanya menjadi lantaran dari Tuhan Yang Maha Esa, dalam perannya menjaga dan meIindungi warga dari bencana pagebluk. Karena segala doa permohonan yang dipanjatkan oleh warga, setiap kali penduduk desa menggelar upacara sedekah bumi di Sendang Widoro kandang, hanya kepada Tuhan warga memohon perlindungan dan keselamatan dalam menjalani kehidupan sehari-hari di desanya.

Menurut pengakuan Sarmin (57) penduduk sekaligus perangkat desa yang menjadi pakuncen merawat Sendang Widoro Kandang  mengatakan, Sendang Wodoro Kandang  sebenarnya dari purwo alias pewayangan yang bersemayam di widoro kandang merupakan sosok Notosono, Noyorono, dan Noyoireng pada masa kerajaan majapahit.

Sendang widoro kandang merupakan Sumber air yang sangat berguna bagi masyarakat Desa Mategal dan saat ini  hingga saat ini tempat tersebut tiap tahunya dipergunakan untuk tempat ruwat Desa, juga telah dibangun menjadi salah satu ikon wisata 

Asmi Arga Wisata adalah salah satu yang akan menjadi destinasi wisata di Kabupaten Magetan yang pada tahun ini (red-2018) akan segera di lounchingkan, Asmi Arga Wisata memiliki hubungan erat dengan Widoro Kandang, selain lokasinya yang berdekatan juga memiliki panorama alam yang sangat luar biasa.

Berawal dari sebuah pemikiran, salah satu pengusaha lokal mendesain lokasi tersebut, untuk dijadikan destinasi wisata alam yang rencanaya akan dibangun Gedung Pertemuan di puncak Gunung Bungkuk yang terletak di Desa Mategal serta villa budaya Indonesia, yang tentunya akan dapat menarik wisatawan lokal, nasional maupun mancanegara.(sat)

Share
Banner
loading...

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: