Navigation

PDAM Tirta Daroy Terus Meningkatkan Pelayanan Air Bersih




Banda Aceh, IMC– PDAM Tirta Daroy Banda Aceh terus berupaya meningkatkan pelayanan guna mengatasi persoalan air bersih di Banda Aceh. Instansi yang dipimpin T Novizal Aiyub ini memang belum mampu memberikan layanan hingga 100% untuk seluruh wilayah kota, namun hingga saat ini PDAM telah mampu melayani lebih dari 47.000 Sambungan Rumah (SR) di Banda Aceh, atau lebih dari 90% hingga tahun 2018 ini. Senin (22/01/18)

Meski telah melayani hingga 90% lebih, Walikota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE Ak MM meminta PDAM dan stakeholder lainnya tidak cepat puas dan  terus bekerja keras untuk mewujudkan Banda Aceh yang terbebas dari persoalan air bersih.

“Sesuai dengan visi misi kami, target kita 2019 persolan air bersih ini selesai. Artinya di awal Januari 2020 semua warga kita harap dapat menikmati air bersih. Ini memang butuh kerja keras,” ujar Walikota, saat membuka seminar optimalisasi pelayanan PDAM Tirta Daroy menuju 100% akses air minum, Senin (22/1/2019) di Aula Lantai IV, Balaikota Banda Aceh.

Pada seminar yang menghadirkan dua pemateri, yakni Ir Sadma lastyanta (PDAM Batam) dan Suwito ST MM (PDAM Malang), Aminullah menyampaikan, sejauh ini Pemko dan PDAM terus mencari langkah konkrit dalam rangka meningkatkan pelayanan air bersih bagi warga kota. Selain melakukan study banding ke PDAM lain yang dinilai telah berhasil, PDAM juga menggelar seminar dengan mendatangkan pemateri yang merupakan ahli yang telah berpengalaman dari luar.

“Tentunya kami memberikan apresiasi digelarnya seminar ini, Saya harap nanti seminar ini akan melahirkan rekomendasi yang dapat kita gunakan untuk mengambil langkah-langkah konkrit dalam menuntaskan persoalan air bersih di kota ini,” tambah Aminullah.

Walikota juga meminta, PDAM terus memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada warga ketika terjadi gangguan.

“Ketika ada gangguan, petugas PDAM langsung turun ke lapangan. Berikan pemahaman kalau air macet karena gangguan bukan karena soal keterbatasan ketersediaan air. Perlu juga disampaikan melalui media massa, ini penting,” ujar Aminullah.

Kemudian yang juga tak kalah penting, PDAM diminta untuk terus mengatasi persoalan dengan melakukan program jangka pendek.

“Program jangka pendek untuk atasi persoalan perlu juga, karena kebutuhan air bagi warga tidak bisa ditunda. Jadi program besarnya terus dipikirkan dan program jangka pendek untuk atasi masalah sementara juga harus,” kata Walikota.

Gratis Biaya Pemasangan Untuk Warga Alue Deah Tengoh

Amin-Zainal menginginkan Banda Aceh bebas dari persoalan air bersih pada 2019. PDAM-pun terus berupaya menterjemahkan visi misi Walikota dan Wakilnya dengan cakupan layanan air bersih yang terus meningkat.

Direktur PDAM, H T Novizal Aiyub SE Ak, disela-sela seminar optimalisasi  optimalisasi pelayanan PDAM Tirta Daroy menuju 100% akses air minum menyampaikan, saat ini pihaknya terus berupaya meningkatkan peforma dalam memberi pelayanan air bersih kepada warga kota.

Dengan sejumlah kendala dan permasalahan yang saat ini dihadapi PDAM, seperti kebocoran air dan kekeruhan dimusim hujan, tidak membuat PDAM patah semangat meningkatkan meningkatkan layanan. Kata Ampon Ayub (Sapaan akrab Direktur PDAM), PDAM telah melakukan 120 Sambungan Rumah (SR) di Alue Deah Teungoh, Kecamatan Meuraxa beberapa hari yang lalu. “Ini gratis biaya pemasangan, ada sekitar 120 sambungan baru yang kita pasang di Alue Deah Teungoh,” ungkap Ampon Ayub.

Selain itu, saat ini di Alue Naga juga telah terlayani air bersih. Gampong pesisir ini sebelumnya sangat sulit mendapatkan akses air bersih karena berlokasi paling ujung pipa pelayanan PDAM. Namun saat ini hampir semua warga Alue Naga sudah bisa menikmati air bersih. “Hampir semua warga Aule Naga sudah bisa menikmati, dan airnya sangat lancar,” ungkap mantan Dirut PDAM Tirta Mountala Aceh Besar ini.

Kata Ampon Ayub, hingga periode Januari 2018, PDAM telah memberikan layanan hingga 45.440 SR. terjadi loncatan besar bila dilihat dari data akhir tahun 2016, yakni 43.295 SR.

Ditanya berapa jumlah SR untuk seluruh warga Banda Aceh, Dirut mengatakan sekitar 55.000 SR lebih. Artinya untuk mewujudkan cita-cita Amin-Zainal, PDAM harus bekerja keras untuk menambah layanan sekitar 8.000 SR lagi hingga 31 Desember 2019.


Penyunting : Bambang Herman
Share
Banner

Bambang Herman

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: