Navigation

Panen Kedelai di Gandrumangu Sesuai Harapan


Cilacap | Jateng, IMC - Pendampingan Babinsa dan PPL Pertanian kepada petani dirasa cukup efektif meningkatkan hasil pertanian. Pendampingan ini dilakukan untuk medukung program pemerintah di bidang ketahanan pangan.

Kelompok Tani Sukatani Dusun Cebak Desa Rungkang Kecamatan Gandrungmangu  Suwarto mengatakan, pendampingan Babinsa sangat membantu para petani setempat, seperti yang dilakukan oleh para Babinsa dari Koramil 10/Gandrunmangu Dan PPL dalam pendampingan panen kedelai kelompok tani Sukatani di lahan seluas 50 hektare.


Adanya Babinsa dan PPL telah membantu, mendampingi para kelompok tani di Dusun Cebak Desa Rungkang Kecamatan Gandrungmangu sehingga dapat menghasilkan panen sesuai yang diharapkan.Tanpa pendampingan khususnya dari Babinsa dan PPL saya yakin hasil panen Kedelai kali ini tidak akan sesuai dengan yang diharapkan.

Menurutnya, panen Kedelai kali ini di lahan 50 hektare dengan hasil ubinan 2,5 x 2,5 m2 hasil   1,8 Kg Kedelai, dan hasil perhektarnya mencapai 2,88 Ton kedelai." Kata Suwarto.

Danramil 10/Gandrungmangu melalui Bati Tuud Pelda Kharis membenarkan, bahwa para Babinsa Koramil 10/Gandrungmangu bersenergi bersama PPL untuk melakukan pendampingan kepada petani di wilayah binaannya.


Memang para petani di Dusun Cebak Desa Rungkang Kecamatan Gandrungmangu  sejak awal musim kemarau atau setelah panen padi langsung menanam kedelai, agar tidak kedahuluan hujan sebelum panen." Kata Pelda Kharis.

Dengan bercocok tanam kedelai yang serius dan benar hasil panennya akan maksimal dan dapat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, juga untuk mengejar target swasembada kedelai, juga  mengurangi ketergantungan terhadap impor. Untuk itu, para petani di wilayah binaan Koramil Gandrungmangu selalu bekerja sama baik dengan PPL maupun Babinsa  dalam melaksanakan cocok tanam." Tandas Pelda Kharis. (pendim cilacap).
Share
Banner

Bambang Herman

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: