Navigation

Danramil 06/Kesugihan : Normalisasi Kali Yasa Desa Selarang Jangan Ditunda -Tunda Lagi



Cilacap | Jawa Tengah, IMC - Guna mengantisipasi banjir, bantaran kali Yasa yang melintasi Desa Slarang, Kecamatan Kesugihan akan dinormalisasi. Pelaksanaan normalisasi aliran sungai tersebut rencananya akan segera di garab tahuni ini.

Dengan rencana tersebut,
Komandan Koramil 06/Kesugihan, Kodim 0703/Cilacap, Kapten Inf. Agus Sudarso mengikuti musyawarah rencana normalisasi sungai kali Yasa di kantor Balai Desa Selarang, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap,kamis (18/1).

Kegiatan musyawarah ini  dihadiri oleh Camat kesugihan dalam hal ini diwakili Kasi Pembangunan Agus Widodo Sos, Kapolsek Kesugihan AKP. Asep Kusnadi, Kepala Desa Slarang Edi Sakimun, Kasi PKDL Dinas Lingkungan Hidup Edi Setiawan, Dinas PSDA Bambang Siswanto, Dirut PLTU yang diwakili Ferdika, Ketua LPPMD dan BPD Desa Slarang,dan diikuti oleh Ketua kelompok Tani Desa Slarang serta seluruh Ketua RT dan RW se Grumbul Semampir, Desa Selarang.


Tujuan utama dari normalisasi kali Yasa adalah, untuk memperlancar alur sungai setelah adanya banjir dimana banyak lumpur/tanah yang mempersempit arus air, selain itu juga untuk irigasi area sawah yang merata dan juga yang utama untuk mencegah terjadinya banjir.

Kapten Inf Agus Sudarso Danramil 06/Kesugihan pada kesempatan tersebut juga mengatakan, bawa kegiatan musyawarah normalisasi kali Yasa membahas rencana pelebaran, pengerukan dan meninggikan tanggul, mengingat bila terjadi hujan lebat kali Yasa tidak mampu menampung air dan akan meluap ke pemukiman penduduk dan pesawahan, khususnya di desa Selarang." Ujar Kapten Inf. Agus Sudarso.



Menurutnya, "Agar  pengerukan, pelebaran dan peninggian tanggul bisa sesuai jadwal yang direncanakan,jangan menunda-nunda waktu lagi, kasian warga yang kena dampak luapan sungai kali Yasa apa bila terjadi turun hujan yang deras dan lama." Imbuhnya.

Warga Desa Slarang sangat setuju dan antusias untuk mendukung normalisasi kali Yasa tersebut karena sangat bermanfaat bagi kepentingan warga pada umumnya, serta untuk pertanian sawah supaya tidak kebanjiran. Masyarakat desa setempat juga sangat berterima kasih kepada Pemerintah dalam rencana normalisasi kali Yasa. (S-Pendim Cilacap).
Share
Banner

Bambang Herman

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: