Navigation

Pembekalan Pengetahuan Dasar Intelijen Kepada Para Babinsa Korem 071/WK



Purwokerto, IMC - "Pembekalan ini dinilai sangat penting mengingat Babinsa adalah ujung tombak satuan diwilayah yang langsung berhadapan dengan masyarakat," papar Danrem 071/Wk Kolonel Inf Suhardi mengawali sambutannya yang disampaikan Kasrem 071/Wk Letkol Inf Ariful Mutaqin pada Pembekalan Pengetahuan Dasar Intelijen kepada para Babinta jajaran Korem 071/Wk, Selasa (10/10) di Gedung Pertemuan A. Yani Makorem 071/Wk Jl. Gatot Subroto No. 1 Sokaraja Banyumas. 


Disisi lain, lanjut Danrem. Babinsa juga mempunyai kewajiban sebagai Badan Pengumpul Keterangan terhadap situasi dan kondisi daerah yang menjadi tanggungjawabnya. 


"Dengan pemberian bekal kemampuan dasar intelijen ini, diharapkan pengawasan dan penginderaan terhadap wilayah yang menjadi tanggung jawabnya menjadi lebih baik.  Dimana setiap gejala dan perubahan yang terjadi dimasyarakat dapat dideteksi secara dini, ditemukan secara akurat oleh Babinsa kepada pejabat yang berwenang", terangnya.


Pembekalan pengetahuan dasar intelijen kepada para Babinsa jajaran Korem 071/Wk, diikuti 110 personel Babinsa perwakilan Kodim jajaran Korem 071/Wk. 
"Satu hal yang menjadi penekanan,.bagaimana agar kemampuan dan naluri para Babinsa yang ada disetiap wilayah mampu melaksanakan deteksi dini, temu cepat,  lapor cepat dan olah data yang akurat," jelasnya. 


 "Setiap keberhasilan tidak hanya dilandasi dengan penguasaan teori keilmuan dari jenis tugas yang dilaksanakan, namun kondisi spiritual juga menjadi faktor sangat berpengaruh dalam keberhasilan tugas. Karena dengan kondisi spritual yang baik, akan dapat bersikap dan bertindak secara benar dan tepat sesuai jatidiri sebagai prajurit rakyat,  prajurit pejuang dan prajurit nasional," tegasnya.



Apabila militansi seperti ini, sambungnya. Mampu tertanam dalam hati sanubari setiap Babinsa maka tentu akan sangat besar manfaatnya baik bagi diri sendiri, bagi pimpinan maupun bagi satuan dalam mengambil keputusan dalam menghadapi berbagai ancaman. 

Sementara itu, Asintel Kasdam IV/Dip Kolonel Inf Jimmy Ramoz Manalu dalam sambutannya yang disampaikan Pabandya Lid Sintel Kasdam IV/Dip Letkol Kav Hendri Rudi menyampaikan pembekalan pengetahuan dasar intel Tahun 2017 ini dapat menambah pengetahuan intelijen dan sebagai bekal dalam melaksanakan tugas, sehingga para Babinsa mampu memberikan yang terbaik guna pencapaian tugas pokok. 

 "Sebagai Babinsa, dituntut untuk mampu memahami perkembangan situasi yang semakin kompleks dan tantangan tugas kedepan," ujarnya. 


"Babinsa dituntut profesional dalam menjalankan tugasnya dengan cara memelihara dan meningkatkan kemampuan deteksi dini,  cegah dini,  temu cepat dan lapor cepat terhadap segala perkembangan situasi yang terjadi," terangnya. 

"Dengan memiliki kemampuan dasar intel, diharapkan segala permasalahan yang akan  terjadi dapat dideteksi dan diantisipasi sedini mungkin sehingga tidak berkembang menjadi permasalahan yang lebih kompleks," jelasnya. 

Laporan Didi P (Penrem 071)
Editor : Lucky
Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: