Headlines

Religi

Lingkungan

Powered by Blogger.

Pasi Intel Kodim 0712/Tegal Mengikuti Rakor Persiapan Pilkades Serentak

by : On 8/16/2017 08:22:00 PM

VIRALKAN PROFIL ANDA DI SINI (TELP/SMS/WHATSAPP: 0816 405 299)




Tegal, IMC - Pasi intel kodim 0712/tegal mengikuti Rapat Koordinasi Persiapan Pilkades Serentak Gel. I Kab. Tegal yang diikuti kurang lebih 275 orang yang dilaksanakan di Pendopo Amangkurat Kab Tegal Jl. Dr Sutomo Slawi. Rabu (9/8/2017).

Hadir dalam acara tersebut antara lain, Bupati Tegal Enthus Susmono, Wakil Bupati Tegal Drs. Umi Azizah, Sekda Kab. Tegal dr. Widodo Joko Mulyono, M.Kes, Kapolres Tegal Heru Sutopo, SIK, Pasi Intel Kodim 0712/ Tegal Kapten Inf. Radiono mewakili Dandim 0712/ Tegal, Kepala Bapermades Kab. Tegal Prasetyawan, SH,M.Hum, Seluruh Camat dan Lurah serta Kepala Desa yang terlibat Pilkades.

Seperti yang disampaikan Kepala Bapermades Kab. Tegal bahwa sesuai Perbup no 74 tahun 2017 maka kab. Tegal diharuskan mengadakan pilkades serentak bergelombang. Ada 48 desa di 17 Kecamatan se Kabupaten Tegal.

Sedangkan dalam sambutannya  Bupati Tegal menyampaikan bahwa pasca diberlakukannya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa banyak sekali terjadi perubahan pada aspek tata kelola penyelenggaraan pemerintahan di desa, mulai dari transfer Dana Desa, ADD, bagi hasil pajak daerah dan retribusi daerah, serta transfer bantuan keuangan lainnya juga mekanisme pemilihan kepala desa serentak (Pilkades) yang diatur sedemikian kompleks dan detail, baik itu mengenai tahapan, syarat, kepanitiaan dan lain-lain. Hal ini dimaksudkan agar ada standard yang sama yang berlaku secara nasional mengenaipelaksanaan Pilkades. 

Untuk Kabupaten Tegal sendiri, hal tersebut telah diatur dalam Surat Keputusan Bupati Tegal Nomor 424 Tahun 2017 yang menetapkan tanggal 29 Oktober 2017 sebagai hari dan tanggal pelaksanaan Pilkades Serentak gelombang I. Bupati juga mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi atas dukungan dan kerjasama semua pihak, khusunya TNI dan Polri untuk ikut serta membantu mengamankan jalannya Pilkades serentak ini agar semuanya berjalan tertib, lancar dan demokratis.

Kapolres Tegal menyampaikan bahwa Polres Tegal sebagai pengendali keamanan yang di dukung oleh 1 kompi dari brimob yang siap di gerakan ke daerah yang terjadi konflik, oleh karenanya setelah adanya deteksi dini dari unit intelijen dan tidak bisa di cegah maka Kapolsek akan lapor ke kapolres dan kapolres segera menggerakan pasukan untuk menetralisir, meredam, menjaga keamanan dan ketertiban. Rencana kedepan kami siap melaksanakan pengamanan agar tercipta tegal yang kondusif aman dantertib.

Pasi Intel Kodim 0712/Tegal juga menyampaikan Langkah dan upaya menciptakan kondusifitas dalam rangka Pilkades serentak diantaranya Melaksanakan komunikasi dengan warga untuk dapat mengetahui perkembangan di wilayah, Melaksanakan koordinasi dengan aparat yang ada di wilayah. Hal hal yang dapat mengganggu situasi kondusif saat pikades serentak antara lain Adu domba, Berita hoax, Jual beli suara, membawa isu sara dan terjadi konflik antar pendukung.

Agar kondusifitas wilayah terjaga menurut pasi intel ada beberapa upaya diantaranya masyarakat harus berperan sebagai informan agar tiap kejadian yang dapat mengganggu dan merugilan kepentingan umum, aparat pemerintah harus dapat mewujudkan rasa aman, tingkatkan komsos melalui pertemuan dengan forkompinda dan komponen bangsa lainya, miliki jiwa nasionalisme.

Kemudian dilanjutkan penyampaian Sekda Kab. Tegal yang menyampaikan tujuan rakor ini mempersiapkan semaksimal mungkin dan  menyamakan pemahaman dan persepsi serta  komitmen calon kades untuk menciptakan situasi yang kondusif.  ( Teguh andi sasono )

PASANG IKLAN BERKUALITAS HARGA BERSAING (TELP/SMS/WHATSAPP: 0816 405 299)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »