Peduli Kesehatan Generasi Muda, Babinsa Cimanggu Dampingi Kegiatan BIAS



Cilacap | IMC - Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) adalah bulan dimana seluruh kegiatan imunisasi dilaksanakan di seluruh Indonesia, oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Dalam Negeri, Mentri Agama serta Menteri Kesehatan, yang bertujuan untuk mencegah serta mempertahankan kekebalan dalam tubuh, pengendalian penyakit campak dalam jangka panjang melalui imunisasi Campak dan HPV (Human Papilloma Virus).

Babinsa Koramil 14/ Cimanggu Serka Mulyono, sebagai aparat kewilayahan yang peduli akan kesehatan dan masa depan anak-anak, bersama petugas kesehatan dari Puskesmas Cimanggu I, melaksanakan pendampingan giat BIAS di SD Negeri Cimanggu 02 Desa Cimanggu Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap, Rabu (02/8/23)

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Sekolah SDN Cimanggu 02 Imron Fauzi, M.Pd.,Babinsa Koramil 14/Cimanggu Serka Mulyono, Petugas Kesehatan PKM Cimanggu I Heralinda, A.Md.Keb., Guru Pendampingan Eka Rosilina, S.Pd., serta anak-anak yang mengikuti imunisasi sebanyak 36 orang.

Dalam sambutannya Heralinda, A.Md.Keb., sebagai petugas kesehatan dari Puskesmas Cimanggu I mengatakan bahwa Imunisasi yang diberikan pada BIAS ada dua jenis.

“Vaksin MR (Vaksin Campak dan Rubella) yang diberikan kepada anak usia 9 bulan, dan di ulang kembali pada waktu kelas 1 SD, untuk menambah kekebalan seumur hidup,” ungkapnya.

"Sedangkan yang kedua yaitu imunisasi HPV (Human Papilloma Virus) yang diberikan kepada anak kelas 5 dan 6 dengan jenis kelamin perempuan, yang berfungsi untuk mencegah infeksi virus HPV atau secara umum mencegah penyakit menular seksual," Terang Heralinda.

Pada kesempatan yang sama, Serka Mulyono menyampaikan bahwa Kegiatan BIAS ini merupakan program pemerintah yang harus kita dukung pelaksanaannya agar sukses demi masa depan generasi muda kita menjadi anak-anak yang sehat kuat dan cerdas.

"Saya menghimbau kepada para guru dan murid, untuk selalu menjaga serta meningkatkan kebersihan di lingkungan sekolah, karena lingkungan yang bersih, rapi dan asri tentunya akan menambah semangat dalam proses belajar mengajar, "pungkasnya.

Sementara itu Imron Fauzi, M.Pd., selaku Kepala Sekolah SD Negeri Cimanggu 02 mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran Babinsa bersama petugas kesehatan PKM Cimanggu I, semoga dengan program BIAS ini dapat meningkatkan kekebalan terhadap penyakit pada anak.

"Saya juga sudah menghimbau kepada para wali murid, apabila ada anaknya yang terkena Campak, sebaiknya izin untuk tidak masuk sekolah sampai sembuh, agar tidak terjadi penularan terhadap anak yang lain," terangnya. (Sty-04) 



Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال