45 Penerima BSBI dari 34 Negara Eksplorasi Wisata Budaya, Religi dan Sejarah Jakarta



Jakarta, IMC - Sebanyak 45 Mahasiswa/i berprestasi dari 34 negara penerima Beasiswa Seni Budaya Indonesia (BSBI) dihadirkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) untuk mengeksplorasi destinasi wisata kota Jakarta pada Sabtu, 3 Juni 2023.



Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta Andhika Permata menuturkan ada empat destinasi wisata yang dieksplorasi oleh peserta Indonesian Arts Culture Scholarships (IACS) City Tour 2023 antara lain Perkampungan  Budaya Betawi Setu Babakan Jagakarsa Jakarta Selatan, Masjid Agung Istiqlal yang merupakan masjid terbesar ketiga di dunia, Gereja Katedral dan Monumen Nasional sebagai landmark Jakarta.



"Mahasiswa/i peserta IACS City Tour tahun 2023 ini, kami ajak untuk eksplore destinasi wisata budaya, sejarah dan destinasi wisata religi yang dapat mereka jadikan oleh-oleh saat kembali ke negaranya. Jakarta punya destinasi wisata budaya yang wajib diketahui yakni Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Monumen Nasional sebagai salah satu destinasi wisata sejarah kota Jakarta, kemudian destinasi wisata religi yang ada di Jakarta yaitu Masjid Agung Istiqlal dimana Masjid Istiqlal adalah masjid terbesar ketiga di dunia, dan gereja Katedral yang berlokasi di Jakarta Pusat," tutur Andhika, Sabtu (3/6/2023).



Di saat yang sama, Kepala Dinas Parekraf menambahkan bahwa IACS Jakarta City Tour tahun 2023 ini merupakan bentuk dukungan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta kepada Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia untuk mensukseskan rangkaian kegiatan pengenalan Seni Budaya Indonesia kepada para mahasiswa penerima Beasiswa Seni Budaya Indonesia (BSBI) yang terdiri dari 45 peserta dan berasal dari 34 negara di Asia, Timur Tengah, Afrika, Australia dan Eropa, yang nantinya akan disebar ke lima sanggar seni budaya di seluruh Indonesia.



"Demi mensukseskan kegiatan Indonesian Arts and Culture Scholarship 2023 dari Kemenlu RI, tentunya Pemprov DKI melalui Disparekraf mensupport penuh rangkaian kegiatan tersebut dengan menghadirkan destinasi wisata yang tepat dan layak untuk diketahui oleh dunia melalui para mahasiswa peserta IACS tahun 2023," ungkap Andhika.


Lebih lanjut, Andhika Permata menjelaskan, IACS City Tour 2023 yang mengenalkan wisata budaya, wisata sejarah dan wisata religi bagi peserta merupakan wujud dukungan Indonesia sebagai Keketuaan ASEAN. Selain itu mahasiswa/i peserta IACS 2023 banyak yang berasal dari negara anggota ASEAN seperti Thailand, Kamboja, Malaysia, Timor Leste, Singapura dan Filipina belajar tari dan pencak silat Betawi dimana keduanya merupakan seni budaya lokal Jakarta sebagai Ibu Kota negara Indonesia yang juga bagian dari negara ASEAN.



Adapun para peserta IACS Jakarta City Tour 2023 yakni berasal dari negara Singapura, Fiji, Britania Raya, Norwegia, Pakistan, Serbia, Thailand, Bangladesh, Slovakia, Mesir, Kepulauan Solomon, Belgia, Ceko, Gambia, Vietnam, India, Australia, Malaysia, Filipina, Kazakhstan, Qatar, Rusia, Timor Leste, Kamboja, Papua Nugini, Tiongkok, Kroasia, Tanzania, Tunisia, Turki dan Indonesia.


Pengenalan wisata budaya, sejarah dan religi kota Jakarta tahun 2023 yang diikuti oleh para peserta penerima BSBI digelar selama satu hari penuh yakni pada Sabtu (3/6/2023) mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 19.00 WIB dengan titik kumpul dari Hotel Ibis Kramat Jakarta Pusat.( Red )

Sumber: Humas Disparekraf DKI Jakarta

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال