Pj BUPATI Membuka PIN Diwilayah Kerja Puskesmas Kecamatan Rantau

 






Aceh Tamiang, IMC - Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Putaran II dilaksanakan serentak di Kabupaten Aceh Tamiang. Sebanyak 15 titik lokasi dihadiri oleh Unsur Forkopimda Kabupaten dan Sejumlah Pejabat OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang.Senin, (30/1/23)


Pj. Bupati Aceh Tamiang, Drs. Meurah Budiman, SH, MH, didampingi oleh Ketua TP-PKK Kabupaten, Zuraidah Meurah secara seremonial membuka kegiatan ini di TKN Pembina Rantau diwilayah Kerja Puskesmas Kecamatan Rantau.


Dalam arahannya, Meurah mengatakan imunisasi polio merupakan ikhtiar Pemerintah untuk menyelamatkan generasi yang akan datang dari virus polio yang sangat berbahaya.


“Ini bentuk ikhtiar. Kita ingin mencegah anak-anak ini dari penyakit polio. Setelah delapan tahun Indonesia tidak terdapat penyakit ini, namun ini kembali terjadi. Di Aceh sendiri, baru-baru ini kasus polio muncul di Kabupaten Pidie. Jadi untuk mengantisipasi penyebarannya, mari kita cegah dengan mensukseskan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Putaran II serentak di Aceh Tamiang”, ujar Pj. Bupati Meurah.


 Di kesempatan itu, Pj. Bupati Meurah juga mengajak para siswa untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Diterangkan, virus polio ini bisa tersebar dari makanan, air yang dibawa oleh lalat dan faktor pemicu lainnya.


“Yang paling penting kita menjaga kebersihan diri dan lingkungan, terapkan pola hidup sehat, lebih baik kita mencegah”, serunya.


Selain di Rantau, 14 lokasi Pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Putaran II lainnya diantaranya SDN 1 Karang Bundar dihadiri oleh Kapolres; SDN Kampung Jawa di hadiri oleh Dandim 0117/ Aceh Tamiang; SDN Bukit Tempurung dihadiri oleh Sekda Aceh Tamiang Drs.Asra ; Min 7 Aceh Tamiang dihadiri oleh Kajari Aceh Tamiang; SDN 1 Tualang Cut dihadiri oleh Ketua DPRK Aceh Tamiang; SDN Simpang Kiri dihadiri oleh Asisten Pemerintahan, Muslizar, SP.d, MM ; SDN Alur Baung dihadiri oleh Asisten Ekonomi dan Pembangung dr. Catur Haryati, MARS ; SDN Mesjid dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum Drs. Tri Kurnia; MIN 5 Aceh Tamiang dihadiri oleh Ka. Kemenag Aceh Tamiang; SDN 1 Tamiang Hulu dihadiri oleh Camat dan Forkopimcam setempat; SDN Batu Bedulang dihadiri oleh Camat dan Forkopimcam setempat; TKN 3 Rantau dihadiri oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan; SDN Tugu Upah dihadiri oleh Ka. DPMKPP-KB dan SDN Tangsi Lama oleh Ka. Dinas Syari’at Islam. 


Dampingi kegiatan ini secara serentak, seluruh pejabat daerah mengajak masyarakat untuk mensukseskan kegiatan ini, agar anak-anak rentang usia pertumbuhan 0-12 terbebas dan memiliki kekebalan terhadap virus ini.


Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang, pada putaran pertama yang dilaksanakan pada 12 Desember 2022 lalu, Dinkes berhasil menargetkan sasarannya di angka 95%. Pada putaran kedua ini, Dinkes berharap bisa melakukan hal serupa dengan target 1,2 juta anak mendapatkan tetes manis pencegahan polio di rentang usia 0-12 tahun.

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال