$type=sticky$cate=0$cm=0$count=4$show=home$t=oot$snip=0$meta=0$rm=0

4 Pilar dalam Bingkai Dinamika Kebangsaan dan Keberagamaan

SHARE:

Aceh Timur, IMC - Ditengah suasana kesibukan Bang Muslim, SHI., MM sebagai Wakil Rakyat, tepatnya tanggal 08 April 2021 di Alue Kumba, Aceh...


Aceh Timur, IMC - Ditengah suasana kesibukan Bang Muslim, SHI., MM sebagai Wakil Rakyat, tepatnya tanggal 08 April 2021 di Alue Kumba, Aceh Timur melaksanakan Sosialisasi 4 Pilar untuk membangun sadar bagaimana bernegara dan berbangsa kepada masyarakat.


Dalam sesi pembukaan kali ini Bang Muslim, menguraikan pentingnya 4 Pilar dalam dinamika kebangsaan dan keberagamaan yang saat ini menemukan tantangannya. Dimana radikalisme dan terorisme tengah menggerogotin kesadaran masyarakat tentang berbangsa dan bermegara yang telah lama diyakini.


Rusli, seorang pemuda alue kumba, dalam sesi pertanyaan, mengungkapkan dinamika yang terjadi saat ini tidak terlepas dari perjalanan bangsa masa lalu sejak merdeka sampai munculnya reformasi yang mana untuk membersihkan rejim otoriter. Lalu apa yang bisa dilakukan 4 Pilar dalam menjawab dinamika kebangsaan dan keberagamaan yang terjadi saat ini?.


Radikalisme dan terorisme bukan barang baru yang muncul tiba-tiba dan tidak terkait dengan kondisi ekonomi maupun politik, dimana keadilan dan pemerataan masih jauh dari mewujudkan cita-cita berbangsa dan bernegara, tambah Bang Muslim saat melanjutkan pemaparan sebelum menjawab pertanyaan-pertanyaan dari peserta.


Reformasi harus dirumuskan kembali dengan memulai tentang narasi berbangsa dan bernegara yang benar serta komprehensif dari anasir-anasir politik terhadap Pancasila, begitu Bang Muslim menguraikan jawaban.


Yang terjadi pada dinamika kebangsaan dan keberagamaan itu bagian terpenting untuk memotret kehidupan sosial masyakarat sudah sesuai dengan kearifan lokal dan cita-cita bangsa merdeka dan maju, menurut Bang Muslim.


Akhirnya Bang Muslim di sesi penutup mengutarakan bahwa bangsa ini punya modal sosial yang cukup kuat bahkan bisa membawa perubahan terhadap dinamika kebangsaan dan keberagamaan, dimana pemuda sebagai penggeraknya.


Selain itu kesadaran pemuda lebih mudah mencerna tentang perubahan yang harus terjadi pada masyarakat dan bangsa ini.tutup bang Muslim (BHN)

COMMENTS

Iklan

[/fa-book/ THE LATEST NEWS]_$type=blogging$cate=2$count=3&snip=0