$type=sticky$cate=0$cm=0$count=4$show=home$t=oot$snip=0$meta=0$rm=0

21 Unit Ruko di Pulotiga di Lalap Api

SHARE:

  Aceh Tamiang, IMC - Informasi terakhir sebanyak 21 unit Ruko (rumah toko) berkontruksi kayu milik warga Dusun Simpang Tiga Kampung Kaloy ...


 

Aceh Tamiang, IMC - Informasi terakhir sebanyak 21 unit Ruko (rumah toko) berkontruksi kayu milik warga Dusun Simpang Tiga Kampung Kaloy Kecamatan Tamiang Hulu Kabupaten Aceh Tamiang Ludes dilalap sijago merah, Sabtu (15/5/21).


Informasi yang diterima Indonesiamediacenter.com , warga yang baru saja pulang dari sholat Isya di Mesjid Suhada Kampung itu terkejutkan melihat adanya kepulan asap disertai kobaran api yang membakar ruko yang berada di komplek Pekanan Lama Pulotiga, Tamiang Hulu.


Ruko yang terbuat dari kayu dengan mudah terbakar dan menjalar ke beberapa Ruko lainnya, warga Bersama Babinsa Koramil 05/THU melakukan pemadaman Api dengan menggunakan alat seadanya seperti menyiramkan Air dengan menggunakan ember dan kayu sambil menunggu mobil Damkar sampai.


Barulah pukul 21.30 WIB mobil Damkar dari Kualasimpang tiba dilokasi kejadian sebanyak 3 unit ditambah mobil Tanki dari Dinas BPBD Kabupaten Aceh Tamiang untuk melakukan pemadaman.

Kebakaran diperkirakan akibat dari kelalaian salah satu warga yang membakar sampah lalu api ditinggal begitu saja tanpa dijaga sehingga api menjalar ke ruko milik warga.

Lambatnya penanganan kebakaran karena menunggu mobil Damkar dari Kota Kualasimpang yang membutuhkan perjalanan ± 50 Menit baru sampai dilokasi kebakaran, ungkap Sumber

Data pemilik rumah yang berhasil dikumpulkan sementara dari awak Indonesiamediacenter dilapangan diperoleh, pemilik ruko yang terbakar diantaranya, milik Almarhum Leman, Budi, Almarhum Buyung, Sukri, dan Wak Pesek. Masing-masing satu ruko, sedangkan Haji Ramli dua ruko

Akibat kejadian ini diperkirakan kerugian material mencapai ± Rp.2.000.000.000 (Dua Milyar Rupiah)

Sementara Informasi yang dihimpun dari Kalak BPBD Aceh Tamiang, Syahri SP melalui Kabid Kesiapsiagaan dan Pemadam Kebakaran BPBD Aceh Tamiang M. Husni SP mengatakan, ada sekitar 21 unit Ruko dan kedai yang terbakar dan 20 unit ruko yang terdampak.


Sebelumnya, petugas Damkar pos 2 kota Kualasimpang mendapat laporan dari masyarakat bahwasannya ada kebakaran Ruko di pekan pulo 3

Setelah mendapatkan laporan tersebut, anggota Damkar siaga Pos 2 langsung turun ketempat kejadian membawa 2 unit Armada Damkar dan di susul dari pos 1 Karang Baru dan Pos 3 Upah membawa satu unit Damkar masing-masing pos di tambah tangki air dari BPBD 1 unit, dengan jumlah keseluruhan armada 4 unit damkar ditambah 1 unit tangki air diturunkan untuk memadamkan api tersebut, sebutnya.

Alhamdulillah, api telah dapat dijinakkan dan tidak menyebar luas lagi, saat ini masih dalam proses pendinginannya saja, sebut Husni, kami hanya mampu mencegah rumah lain agar tidak ikut terbakar,Begitu juga, Kapolsek Kecamatan Tamiang Hulu, Iptu Delyan, melalui pesan WhatsApnya sekira pukul 22.19 wib mengatakan, bahwa saat ini sedang dilakukan pendataan.

Hingga berita ini dipublikasikan, jumlah keseluruhan kios yang terbakar berserta nama-nama pemiliknya belum dapat diketahui, berhubung masih dalam pendataan. 


COMMENTS

Iklan

[/fa-book/ THE LATEST NEWS]_$type=blogging$cate=2$count=3&snip=0