Pancasila dan Krisis Pandemi Covid 19

SHARE:

  Aceh Utara, IMC - Sejak April sampai September 2020 ini Covid 19 melanda negara Indonesia dengan penularan sampai keseluruh daerah dan me...

 



Aceh Utara, IMC - Sejak April sampai September 2020 ini Covid 19 melanda negara Indonesia dengan penularan sampai keseluruh daerah dan mengalami naik turun yang sangat berdampak pada kehidupan masyarakat terutama pada ekonomi yang menjadi pintu kesejahteraan.


Bang Muslim, SHI., MM, Anggota MPR RI pada tanggal 19 September 2020 melakukan kunjungan untuk memberi semangat pada masyarakat dalam menghadapi Pandemi Covid 19 ini dan utamanya melaksanakan kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di Kabupaten Aceh Utara bertempat di Pesantren Terpadu Uswatun Hasanah.


Dimulai dengan acara pembukaan dimana disampaikan oleh Perwakilan dari Dayah dengan sambutan yang sangat antusias untuk memperkuat pembangunan cita-cita dari terumusnya Pancasila bagi perjalanan bangsa Indonesia yang mana saat ini mengalami Pandemi Covid 19 dengan dampaknya.


Sementara Bang Muslim, sapaan familiarnya, menyambut pandangan visioner dari Dayah tentang memperkuat pembangunan cita-cita bangsa ini dengan membumikan Pancasila secara komprehensif dan progresif ditengah tantangan Pandemi Covid 19 saat ini.


Wahyu, salah satu santri di dayah itu, memberikan ulasan pertayaan yang begitu sederhana tentang Pancasila dan Pandemi Covid 19. Bagaimana Pancasila yang memiliki cita-cita kesejahteraan dan pengembangan pengetahuan masyarakat mampu menjawab Pandemi Covid 19 dengan dampaknya di dalam ekonomi dan pembangunan kesehatan masyarakat?.


Dan Pancasila bukan hanya ideologi untuk memperkuat negara dalam kesatuan semata melainkan mampu menjawab perubahan dan pembangunan yang dicita-citakan oleh masyarakat dan negara, lanjut Wahyu dalam ulasannya.


Menanggapi ulasan dan pertanyaan dari beberapa peserta yang bertanya Bang Muslim dalam hal ini memberikan apresiasi yang tinggi kepada kalangan santri dimana sebagai peserta sosialisasi mampu membuat perspektif yang luar biasa atas Pancasila dan pandangan tentang pembangunannya.


Bang Muslim, menambahkan tanggapan dari Wahyu, Pancasila harus ditempatkan bagi penguatan terjadinya perubahan yang diinginkan masyarakat dan negara bahkan daerah dimana daerah dengan otonomi daerahnya mampu mandiri maupun maju dibidang ekonomi juga bidang kesehatan yang saat ini menjadi cermin bagaimana Pandemi Covid 19 memberikan satu pandangan bahwa kesehatan kita masih jauh dari menjawab tantangan zaman.


Pancasila adalah sebuah ikhtiar untuk menjadikan bangsa ini kuat dan mampun menjawab perubahan zaman sehingga Pancasila perlu menjadi pandangan masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara dengan nafas masyarakat kuat dan sejahtera maka negara kuat dan mandiri. (BHN)

COMMENTS

[/fa-book/ THE LATEST NEWS]_$type=two$m=0$rm=0$h=400$c=2