Kucuran 1,5 M Diduga Salah Satu Penyebab Lemahnya Pengungkapan Kasus Korupsi di Langsa


Langsa,IMC - Dugaan lemahnya penanganan dan pengungkapan sejumlah kasus korupsi di Langsa yang kerap disuarakan oleh berbagai elemen sepertinya semakin nyata.

Hal itu diduga tidak terlepas dari adanya upaya "balas budi" dari pemerintah kota untuk lembaga vertikal, salah satunya adalah direalisasikannya anggaran untuk pembangunan sarana dan prasarana pada kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Langsa yang bersumber dari APBK Kota Langsa tahun 2020 ini, yang mencapai angka 1,5 miliar dalam masa pandemi covid 19.

Demikian disampaikan oleh Sayed Zahirsyah Almahdaly, Direktur Eksekutif Lsm Gadjah Puteh, Rabu (05/08/20).

Tak tanggung-tanggung, meski di masa pandemi covid 19 ini, pemko Langsa tetap membatu dan seperti tak peduli dengan kondisi ekonomi masyarakat yang makin payah karena dampak daripada pengambilan kebijakan penanganan wabah corona. Namun Pemko Langsa malah tetap mengalokasikan anggaran untuk sesuatu yang tidak urgen dan tidak ada kaitan sama sekali dengan penanganan wabah corona.

"Sepertinya hanya berupaya mengamankan posisi daripada kepedulian terhadap warganya yang terdampak covid, karena seluruh anggaran yang ada setelah dilakukan refocusing harus diprioritaskan untuk percepatan penanganan covid 19 dan dampak yang diakibatkan olehnya," ucap Sayed.

Secara awam dan sederhana saja ini dapat dibuktikan, bahwa hingga menjelang triwulan ke 3 di tahun 2020 ini tidak ada satupun kasus korupsi yang berhasil diungkap oleh kejaksaan, bahkan terkesan masih jalan di tempat.

"Bisa jadi anggaran 1,5 miliar untuk bangun sarpras di Kejari ini adalah jawaban mengapa Langsa seperti bersih dari korupsi," duganya lagi.

Sejauh amatannya, hanya satu kasus korupsi yang berani diungkap oleh kejaksaan, yaitu kasus korupsi genset rsud Langsa yang berakhir dengan ditangkapnya para pelaku pada tahun 2019 lalu, namun belum juga tuntas sampai saat ini, dan terkesan seperti "pertunjukan opera" di kalangan pengamat hukum, padahal harga diri institusi sedang dipertaruhkan.

Tak ayal kondisi ini makin memperburuk citra lembaga neraca ini di mata publik, dimana hilangnya kepercayaan terhadap penegakan supremasi hukum terkait berbagai persoalan yang ada.

Secara terpisah, Kepala Kejaksaan Negeri Langsa, Ikhwan Nul Hakim, SH melalui Kasi Pidsus, Mohamad Fahmi, SH, MH yang coba dikonfirmasi media berulangkali melalui telpon dan pesan WhatsApp, untuk mempertanyakan kenapa tidak ada pengungkapan kasus korupsi di wilayah kerjanya dan bagaimana perkembangan kasasi kasus korupsi pengadaan genset rsud Langsa, hanya diam tak menjawab pertanyaan wartawan. (BHN)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال