Inilah Pesan Eggi Sudjana Kepada Ribuan Wartawan dari Podium Mubes Sekber Pers Indonesia di Sasono Utomo



Jakarta, IMC - Para insan Pers/Wartawan harus memiliki integritas dan berpihak pada kebenaran dalam menjalankan profesinya, jujur, tegas dan berani.

"Jadi, harus berani memaparkan  fakta," jelas pengacara kondang dalam orasinya  di Musyawarah Besar (Mubes) Sekretariat Bersama (Sekber) Pers Indonesia,  di Gedung Sasono Budaya, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Selasa (18/12/2018) siang kemaren.

Menurut Eggi, setiap insan Pers harus bersikap netral sesuai tuntutan profesinya, sesuai dengan fakta-fakta tanpa ada kemasaan.

"Jadi harus mandirilah," jelas Eggi, yang juga menjadi lawyer dari Sekber yang mendapat tepukan tangan para peserta. "Jangan ada fakta tutup mata," jelas Eggi tertawa.

Dia juga memberikan motivasi kepada insan pers, terutama di Sekber, agar terus berjuang demi kebebasan Pers yang sehat, Pers yang netral dan independen.

Keberadaan Eggi di Sekber, adalah  bagian dari Sekber. Dia datang memberikan orasi atas persetujuan dan undangan dari Sekber.  

Sekedar bukti, mantan Pejudo Nasional ini, menyebut saat media-media dituding Dewan Pers sebagai media abal-abal, maka Eggi berada di garda depan. 

Dia memberikan somasi agar Dewan Pers mengajukan minta maaf, sekaligus bertanggungjawab terhadap tewasnya M Yusuf sebagai momentum lahirnya Sekber yang dinilai sangat diskriminatif terhadap media massa, khususnya online.
"Itu dia yang tidak diketahui para peserta," tegas Brando.

Karena bagian dari Sekber, maka Eggi tahu persis penderitaan media ataupun wartawan yang tergabung di Sekber. 

Mereka menuntut kesetaraan dalam menjalankan tugas profesinya, terutama di kalangan pemerintah.  Dari mulai soal UKW wartawan, terdaftar atau terverifikasi, termasuk ditolak saat mengajukan wawancara.

Dalam orasinya, Eggi menyampaikan kaya ganti presiden sehingga menyulut sebagian peserta maju ke depan. Mereka berteriak agar menghentikan orasinya. Untunglah panitia siap memenangkan peserta sehingga Mubes terus berlangsung.

Wilson Lalengke dan Heintje Mandagie, Ketua dan Sekretaris panita menyatakan minta maaf yang sebesar-besarnya kepada Eggi Sudjana atas peristiwa yang tidak etis tersebut. 

"Itu tidak ada kaitannya dengan politis. Kami atas penitia menyatakan mohon maaf kepada beliau," ujar Heintje yang disambut applaus dari sebagian peserta Mubes. (red/Sekber)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال