Verifikasi Faktual KPU, PPP Masih Harus Berbenah

Magetan, Pewarta – Rabu (31/1/2018) siang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magetan mendatangi Sektretariat Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Desa Mojopurno, Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan.
 
Kedatangan tim 1 KPUD Magetan tersebut untuk melakukan verifikasi faktual terhadap Dewan Pengurus Cabang PPP Magetan terkait dengan keikutsertaan PPP dalam Pemilu mendatang.

Hasil verifikasi, PPP belum memenuhi syarat sebagai partai peserta pemilu. Partai berlambang Ka’bah ini masih harus melakukan perbaikan agar bisa memenuhi syarat menjadi partai peserta pemilu 2019 mendatang.

Proses verifikasi yang dilakukan tim 1 KPU Magetan dengan mengecek data administrasi kelengkapan partai. Data yang terkait kepengurusan partai politik, domisili kantor partai, keterwakilan 30 persen perempuan dalam struktur dan 5 persen dari keseluruhan.

Nur Salam, anggota tim 1 KPU Magetan revisi verifikasi faktual yang dilakukan merupakan proses pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang kemudian oleh KPU RI dituangkan dalam PKPU No 6 Tahun 2018 tentang Verifikasi Partai Politik calon peserta Pemilu tahun 2019.

“Hari ini KPU Magetan melakukan verifikasi faktual anggota partai di tingkat kabupaten. jadi ini adalah pasca putusan Mahkamah Konstitusi, verifikasi masih berlangsung yang dimulai tanggal 30 Januari sampai 1 Pebruari besok, “ungkap Salam.

Untuk hasil verifikasi yang telah dilakukan akan disampaikan pada Jum’at (02/2/2018) mendatang. Namun sesuai tahapan pemilu legislatif untuk partai yang belum memenuhi syarat diberikan waktu perbaikan dan akan diverifikasi tanggal 6 Pebruari dan akan diumumkan pada 7 Pebruari 2018.

“Semula hasil verifikasi akan diumumkan tanggal 6, namun sesuai tahapan pemilu legislatif kita akan berikan waktu perbaikan, partai yang belum memenuhi persyaratan akan diverifikasi tanggal 6 dan akan diumumkan pada tanggal 7 Pebruari,” tambah Salam.

Kedatangan tim 1 KPU Kabupaten Magetan ke kantor Sekretariat DPC PPP Magetan dah sekjen PPP Ahmad Zahni bisa dicoba dengan jajaran pengurus lainnya, dengan diawali dengan ucapan ketua DPC PPP Magetan KH. Bustomi Jauhari yang diwakili sekjen PPP. (yan / ant)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال