Kodim Tegal Gelar Lomba Pentas Seni Bdaya




Tegal, INC - Dalam rangka kegiatan pembukaan lomba Komsos Kreatif Kodim 0712/Tegal tahun 2017, Kasdim 0712/Tegal Mayor Inf. Sugihartono secara resmi membuka lomba Komsos Kreatif (seni dan budaya) pada kali ini Kodim 0712/Tegal menggelar lomba paduan suara, baca puisi dan tarian perjuangan. Bertindak komandan upacara Danramil 01/Tegal barat Kapten Arm Suroso dan sebagai perwira penyelenggara Pasiter Kodim 0712/Tegal Kapten Inf Shokib Setyadi. Selasa (22/08).

Maksud dan tujuan komsos kreatif ini memberikan konstribusi dalam meningkatkan kemampuan dan menggali potensi serta bakat yang dimiliki oleh peserta lomba untuk mengikuti event-event yang lebih besar dan menjalin komunikasi sosial harmonis melalui perlombaan-perlombaan guna meningkatkan tali silaturahmi antara prajurit Kodim 0712/Tegal dengan segenap komponen masyarakat.

Waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan Komsos kreatif dilaksanakan selama 2 hari yang bertempat di Makodim 0712/Tegal dengan sasaran untuk menjaring seniman muda yang bertalenta tinggi calon seniman handal di masa depan dan mendorong terwujudnya pola pembinaan bagi seniman muda yang dilakukan dengan cara lebih terpadu, teratur terarah, sistimatik dan berjenjang.


Materi yang dilombakan antara lain lomba paduan suara/vocal grup, lomba tari perjuangan daerah dan lomba baca puisi yang diikuti oleh 183 peserta dari SMA se kota dan kabupaten tegal.

Sambutab Dandim 0712/Tegal yang dibacakan oleh Kasdim 0712/Tegal Mayor Inf Sugihartono mengatakan kegiatan lomba-lomba tersebut dimaksud untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air di kalangan kaum pelajar, sekaligus sebagai ajang kreatifitas membangun kepribadian melalui seni dan budaya yang kian waktu semakin terkontaminasi oleh budaya bangsa lain yang kurang sesuai dengan kepribadian bangsa indonesia.

Disisi lain lomba paduan suara, baca puisi dan tarian perjuangan daerah ini juga dimaksudkan untuk menumbuhkan kesadaran dan semangat bela negara, sebagaimana yang tercantum dalam pasal 30 Undang-Undang Dasar 1945.
Dalam menyikapi, membina dan menyadarkan generasi muda kita dari pengaruh-pengaruh negatif tersebut maka Kodim 0712/Tegal dalam kegiatan Komsos Kreatif kali ini menggelar perlombaan seperti paduan suara, baca puisi dan tarian perjuangan bagi para siswa dan siswi sewilayah kota dan kabupaten Tegal.


Lomba kali ini mengambil tema “bersama rakyat TNI kuat, hebat Profesional siap mewujudkan indonesia yang berdaulat mandiri dan berkepribadian”. Dengan tema tersebut diharapkan akan bersemayam jiwa dan semangat generasi muda kita untuk tetap mencintai budaya dan kepribadiaan bangsa sendiri dari pada budaya bangsa lain, yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa indonesia.

Selanjutnya perlu di sampaikan bahwa bagi para pemenang lomba juara 1 dan 2 akan mewakili Kodim 0712/Tegal pada lomba tingkat Korem 071/Wk yang akan dilaksanakan pada minggu ke V bulan Agustus 2017.

Harapan saya semoga lomba ini dapat berlangsung dengan baik, aman dan tertib, sehingga apa yang menjadi tujuan, sasaran dan misi kita, untuk membina, membangun dan menyelamatkan generasi muda dari pengaruh budaya negatif dapat terwujud. 
 ( Sawong adji.wt )

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال