Tanamkan Wasbang dan Bela Negara Sejak Dini di Sekolah

pewarta-madiun. MadiunGuna meningkatkan rasa cinta tanah air dan wawasan kebangsaan, Babinsa jajaran Kodim 0803/Madiun memberikan penyuluhan tentang Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dengan materi Bela Negara kepada siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN 1 Saradan). Minggu (12/2/2017). 
 
Seperti yang dilakukan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0803/09 Saradan Sertu Sutikno yang memberikan penyuluhan tentang Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dengan materi Bela Negara kepada siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN 1 Saradan) tentang materi teori dan praktek kedisiplinan, wawasan kebangsaan dan bela negara. 
 
Menurut Danramil 0803/09 Saradan Kapten Inf Santoso, tujuan dari latihan ini adalah sebagai wadah pembinaan karakter dan jati diri melalui metode belajar dan bermain. Selain itu dapat meningkatkan disiplin dan membentuk Karakter yang baik bagi siswa-siswi Pramuka peserta Persami. Untuk membuka wawasan peserta didik agar mengerti tentang perjalanan sejarah bangsa indonesia sehingga merasa bangga terhadap para pahlawanya, ujarnya.
 
Latihan Pembinaan Karakter Kedisiplinan yang rutin dilakukan 1 kali dalam seminggu ini, yaitu hari Minggu merupakan pelajaran ekstrakurikuler sekolah. Materi yang diajarkan juga meliputi Krida dalam Saka Wira Kartika, yaitu Krida Navrat, Krida Pioneer, krida Mountenering, Krida Survival dan Krida Penanggulangan Bencana Alam. 
 
Para Siswa sangat antusias mengikuti latihan ini, terlihat banyaknya siswa yang berdatangan mengikuti latihan, ini membuktikan bahwa latihan ini disukai oleh para siswa. 
 
Kapten Inf Santoso berharap, dengan latihan Pembinaan Karakter Kedisiplinan ini dapat menciptakan kecintaan terhadap tanah air, sehingga kedepan para remaja menpunyai jati diri dan karakter yang kuat. Agar mengerti bahwa kemerdekaan bangsa indonesia diperoleh dengan tetesan darah para pahlawanya, sehingga peserta didik merasa bangga menjadi warga negara yang baik dan cinta terhadap tanah airnya. Dengan demikian peserta didik akan tertanam rasa kebangsaan dan akan membela negaranya bila terjadi Ancaman. tandasnya. (Penrem081)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال