Tradisi Satuan Penerimaan Prajurit Korem 071/Wk

Banyumas, IMC – “Tradisi satuan yang dilaksanakan ini sebagai wahana aktualisasi peran dan tugas sebagai prajurit dan sebagai salah satu menanamkan rasa handarbeni, rasa memiliki, mencintai dan bertanggung jawab terhadap keberadaannya disatuan,” papar Danrem 071/Wk Kolonel Inf. Suhardi dalam  sambutannya pada Tradisi Satuan Penerimaan Prajurit Wijayakusuma Korem 071/Wk, Selasa (30/5) di Gedung Pertemuan A.Yani Makorem 071/Wk Jl.Gatot Subroto No.1 Sokaraja Banyumas.
Danrem mengatakan bahwa kondisi inilah yang perlu ditumbuhkembangkan dalam rangka pembinaan personel dan satuan.
“Karenanya sebagai generasi penerus prajurit Wijayakusuma Korem 071/Wk khususnya prajurit yang baru bergabung bertugas di wilayah Korem 071/Wk agar memahami serta mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan Korem 071/Wk mulai dari sejarah, jati diri hingga tradisi yang ada di Korem 071/Wk,” tegas Danrem.
Mennurut Danrem 071/Wk, bahwa Korem 071/Wk dalam sejarahnya terkandung arti dan makna serta hakikat nilai perjuangan, karenanya hak ini harus diketahui dan dipelihara serta diwarisi oleh setiap prajurit Wijayakusuma yang akan bertugas diwilayah Korem 071/Wk, sehingga makna dan hakikat yang ada terjaga dan terpelihara kelestariannya. Dan kemudian menjadi sumber inspirasi dan motivasi dalam melaksanakan tugas.
"Wijayakusuma berarti bunga kemenangan sejati atau sarinya kemenangan sejati yakni menguasai dirinya sendiri. Disamping itu, Korem 071/Wk mempunyai sesanti yang terdapat dalam Dhuaja Musti Cakra Sukarno Aji yang bermakna prajurit bersenjata yang melaksanakan tugas negara atas perintah seorang raja/pimpinan secara baik dan professional," terangnya.
Oleh karena itu, dengan memahami arti dan makna tersebut diharapkan setiap prajurit Korem 071/Wk mempunyai motivasi dan daya juang yang selaras dengan nama dan lambang sesanti tersebut yakni mampu menghayati setiap tugas yang diemban sesuai jatidiri sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Profesional, Tentara Nasional yang dicintai rakyat.

Tradisi satuan penerimaan prajurit sebagai warga baru Korem 071/Wk Letkol Inf. Edy Supriyadi, S.S., M.M., M.Tr. (HAN) sebagai Dandim 0711/Pml menggantikan Letkol Inf. Abdul Hamid, S.I.P.
Pada kesempatan yang sama Danrem 071/Wk menyampaikan agar setiap prajurit yang menjadi warga Korem 071/Wk dapat mengaktualisasi perannya secara bersama-sama dan solid selaras dengan pendahulunya Panglima Besar Jenderal Soedirman.
“Janganlah kamu berbuat seperti sapu yang meninggalkan ikatannya, sebatang lidi tidak berartu apa-apa, terapi dalam ikatan sapu akan dapat menyapu segala-galanya," pesan Kolonel Inf. Suhardi.(Teguh)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال