Recent

Indonesia Media Center (IMC)

Kamis Putih; Upacara Muda Tuan dan Upacara Buka Pintu Tuan Ma & Tuan Ana

Larantuka, IMC- Sesuai Liturgi Gereja, pra Paskah di dahului dengan masa puasa, atau pekan-pekan suci. Orang Larantuka menamakan pekan-pekan itu Semana Santa.
Hari Kamis Putih, persiapan di gereja dan kapela Tuan Ma dan Tuan Ana, serta jalan raya persiapan untuk Tikam Turo (Tonggak) untuk Lilin-lilin yang akan dinyalakan,  Kegiatan untuk mendirikan armida pun dapat dimulai, ujar Ketua Panitia, Dion Fernandez kepada IMC, Kamis (13/4/2017).
Menurut Dion, pada Kamis Siang Upacara Muda Tuan, Buka Pintu Tuan Ma di laksanakan,  Upacara Tuan Muda dimana peti kemas selama setahun tertutup kini dibuka oleh petugas Conferia, arca Mater Dolorosa dibersihkan dan dimandikan, kemudian dilengkapi dengan busana perkabungan, sehelai mantel yang berwarna hitam.

Bersamaan dengan itu, Upacara Buka Pintu Tuan Ma, yang mana Pintu Kapela di buka, Peziarah dapat memandang Wajah Patung Tuan Ma, tegasnya.
Suasana khidmat sudah mulai dirasakan. Sesuai tradisi Bapak Raja keturunan DVG yang membuka kapela, ketika beliau berhalangan maka seorang putra beliau yang akan mewakilinya.
Untuk diketahui, Upacara berlanjut di malam hari di Gereja dengan upacara ekaristi dan pembasukan kaki. Dilanjutkan dengan Adorasi di depan Sakramen Maha Kudus. Biasanya setiap kelompok mendapat giliran berdoa dan berlanjut sampai Jumat Besar pagi. (Bataona)
Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: