Navigation

Danrem 071/Wk "Kerigan" Bersama Anggota Tanam Bibit Hortikultura

Tegal, IMC - Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf. Suhardi bersama prajurit dan PNS Makorem 071/Wk menggelar "Kerigan" (kerja bakti) menanam bibit tanaman hortikultura di Komplek Makorem 071/Wk Jl.Gatot Subroto No.1 Sokaraja Banyumas, Selasa (21/3).
Penanaman bibit hortikultura tersebut memanfaatkan lahan kosong seputar Makorem 071/Wk, dengan ditanami bibit buah-buahan seperti pepaya thailand, sirkaya thailand, jambu mutiara, sirsak, durian, rambutan, pisang, dan tanaman pohon keras lainnya yang usia panen berjangka panjang.

Penanaman bibit pohon buah-buahan tersebut ditanam dalam polybag yang didalamnya tanah telah dicampur dengan pupuk organik/pupuk kandang dan sekam/merang.
Danrem 071/Wk Kolonel Inf. Suhardi pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan ini sebagai wahana pemanfaatan lahan kosong di sekitar lingkungan kantor.
"Dengan memanfaatkan lahan kosong diseputaran kantor atau rumah dinas dan rumah masing-masing, kita dapat memberikan suatu solusi bagi kehidupan kita maupun masyarakat sekitar," kata Danrem.

Dengan menanam tanaman produktif baik tanaman jangka panjang maupun pendek, kita dapat memberikan andil pada kehidupan sekitar. Disamping memberikan efek kondisi lingkungan yang bersih dengan cuacanya, dengan menanam bibit ini kita dapat membantu anggota dan masyarakat sekitar guna meningkatkan kesejahteraan perekonomian mereka.
Demikian penjelasan Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf. Suhardi kepada wartawan IndonesiaMediaCenter.com, Teguh Andi Sasono yang bertugas di wilayah Korem 071/wk.

Kolonel Inf. Suhardi menambahkan, bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan tahap awal penanaman bibit tanaman buah, dalam tahap pertama ini kita buat baru satu demlot berukuran 10 m x 8 m sebagai rumah bibit tanaman. Nantinya dalam tahap selanjutnya juga akan dibuat demlot-demlot selanjutnya secara berkesinambungan.
Lebih lanjut Danrem menjelaskan tentang tujuan menanam tanaman bibit-bibit pohon produktif tersebut sebagai wahana percontohan bagi para prajurit dan PNS khususnya, agar mereka dapat berbuat positif ditempat masing-masing dengan meluangkan waktu memanfaatkan lahan kosong disekitar pekarangan rumah.
Dengan hal ini pula, agar mereka dapat menularkannya kepada masyarakat sekitar lingkungannya, sebagai modal peningkatan kesejahteraan memenuhi kebutuhan keluarga serta sebagai wahana memperkuat dan mensukseskan ketahanan pangan.
“Kita bertanam ini pula nantinya juga akan kita distribusikan kepada masyarakat sekitar setelah hasil yang kita tanam dapat terlihat untuk ditanam dilahan yang lain,” tutup Danrem. (teguh)
Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: