Recent

Indonesia Media Center (IMC)

Kirab Boyongan Replika Saka Guru Si Panji


Banyumas, IMC - Kirab boyongan Saka Guru Si Panji ini dilaksanakan Jumat  (17/2) sore dimulai dari halaman Pendopo Kecamatan Banyumas menuju Pendopo Si Panji Purwokerto sejauh 25 Km secara estafet oleh masyarakat dari wilayah yang dilalui kirab dalam rangka peringatan Hari Jadi Ke-446 Kabupaten Banyumas yang jatuh pada 22 Februari.
Kirab Boyongan Replika Saka Guru Si Panji tersebut menggambarkan peristiwa pemindahan pusat pemerintahan Kabupaten Banyumas yang semula di Banyumas dipindah ke Purwokerto pada masa pemerintahan Adipati Arya Sudjiman Gandasubrata (Bupati ke-20 Banyumas) tahun 193 dan di arak dari halaman Pendopo Duplikat Si Panji Banyumas kemudian melalui jalur jalan utama Banyumas-Purwokerto yakni Jalan Raya Banyumas, Jalan Raya Kalibagor-Sokaraja, Jalan Suparjo Rustam, Jalan Jenderal Soedirman Timur, Jalan Jenderal Sudirman dan berakhir di Pendopo Sipanji Purwokerto.
Sementara Kirab replika Saka Guru Sipanji tersebut dibawa oleh seluruh elemen dan masyarakat serta para punggawa praja yang bahu membahu bersatu padu dan bersinergi bergotong royong memindahkan beberapa materiil penting dalam upaya percepatan pembangunan pendopo baru.
Bahkan Danrem 071/Wk Kolonel Inf Suhardi pada keberangkatan boyongan Saka Guru Si Panji di Makorem 071/Wk, menyempatkan diri memikul replika Saka Guru Si Panji bersama Bupati Banyumas, Wakil Bupati Banyumas beserta Forkopimda Banyumas dan Forkopimcam serta para SKPD Banyumas dari depan halaman Makorem 071/Wk hingga pintu gerbang Makorem 071/Wk. (cn)

Penulis : Cahyo Nugroho
Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: