Program Jambanisasi Bagi Warga Tak Mampu Segera Dimulai



Batang, IMC - Lingkungan yang bersih merupakan idaman semua orang karena dengan bersihnya lingkungan akan senantiasa menunjang kesehatan bagi para penghuninya, demikian sekilas kata pembuka yang disampaikan Serka Hermansyah Babinsa Koramil 02/Limpung di Balai Desa Timbang Kecamatan Banyuputih pada saat menghadiri Rapat pleno pemicuan stimulan jambanisasi.




Rapat tersebut diadakan dalam rangka sosialisasi program jambanisasi yang didukung oleh pemerintah sebagai upaya dalam membebaskan masyarakat dalam hal sanitasi lingkungan dengan memberikan bantuan sebagai stimulan.

TNI AD dalam hal ini Kodim 0736/Batang juga mendukung kegiatan tersebut dan sudah hampir berjalan beberapa tahun yang lalu  bekerjasama dengan DKK Batang sebagai bentuk sinergitas lintas sektoral dalam upaya menciptakan lingkungan masyarakat yang bersih.

Hadir dalam rapat tersebut Kapolsek Limpung AKP Raharjo SH MPH, Danramil diwakili Bakti Bhakti TNI Serka Hermansyah, Kepala Puskesmas Banyuputih dr.Ratna dan Kades Timbang di wakili Sekdes Arifin.




Pada kesempatan tersebut Hermansyah juga menekankan kepada masyarakat akan arti pentingnya menjaga kebersihan lingkungan serta harus dimulai dari hal yang bersifat rutinitas sehari hari yaitu buang air, baik besar ataupun kecil, karena apabila tidak dibuang pada tempat yang sudah dianjurkan maka kotoran tersebut akan dihinggapi oleh lalat dan selanjutnya lalat akan terbang kemana mana dan bisa ke makanan, sehingga makanan tersebut akan menjadi sumber penyakit. 

Hermansyah juga mengajak masyarakat yang belum memilki jamban untuk segera memasang jamban apabila nanti sudah mendapat bantuan berupa kebutuhan jamban dari pemerintah jangan sampai tidak terpasang karena bantuan tersebut sebagai stimulan berarti dikandung maksud agar masyarakat juga harus berusaha sendiri dalam pembuatan jamban seperti pembuatan lubang pembuangannya. 

Di akhir sambutannya Serka Hermansyah mengingatkan bahwa rencana hari Sabtu tanggal 11/11 Tim Verifikasi dari Batang akan datang mengecek kesiapan warga dan akan didampingi dari Koramil dan Polsek.(Pendim0736).

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال