Navigation

Penuhi Standar Kemampuan dan Keterampilan, Kodim 0703/Cilacap Gelar UTPJ



Cilacap | Jateng, IMC - Untuk mengetahui tingkat pengetahuan, kemampuan dan keterampilan perorangan sesuai jabatan bagi seluruh prajuritnya, Kodim 0703/Cilacap menggelar Uji Terampil Perorangan Jabatan (UTPJ). Kegiatan ini berlangsung di Lapangan upacara Makodim 0703/Cilacap Jl. Jend. Sudirman No. D-1 Cilacap, Rabu (07/03).

Kegiatan ini merupakan hari kedua, sebelumnya dibuka langsung oleh Kepala Staf Kodim 0703/Cilacap Mayor Inf. Ahmad Rofik Alfian yang diikuti oleh seluruh Babinsa dan Unit Intelijen Kodim 0703/Cilacap. Sesuai rencana, pelaksanaan Uji Terampil Perorangan Jabatan (UTPJ) ini berlangsung selama empat hari dan berakhir hingga hari Jum'at mendatang.

Kegiatan UTPJ ini terbagi menjadi dua bagian yaitu UTPJ Ter yang dipimpin oleh Danramil 05/Nusawungu Kapten Arm Suroto dan UTPJ intelijen yang dipimpin oleh Pasi Intel Kapten CPM Samanhudi serta didukung oleh para Perwira sebagai Tim Penguji dan juga Tim Kesehatan dari Rumkitban 04.08.01 Cilacap.

Mayor Inf. Ahmad Rofik Alfian selaku Pimpinan Umum UTPJ mengatakan, UTPJ ini merupakan salah satu cara untuk mengetahui sudah sejauh mana tingkat pengetahuan dan keterampilan prajurit berdasarkan jabatannya karena peran mereka sangat menentukan keberhasilan binter
yang berhubungan langsung dengan perencanaan, penyusunan, pengembangan, pengerahan serta pengendalian potensi wilayah dengan segenap unsur geografi, demografi serta kondisi sosial untuk dijadikan sebagai ruang, alat dan kondisi juang guna kepentingan Hankam Negara," kata Kasdim Cilacap.

Selain itu, menurut Kasdim, jabatan Babinsa mempunyai fungsi pembinaan yang bertugas pokok untuk melatih rakyat, memberikan penyuluhan di bidang Hankam dan Pengawasan fasilitas serta prasarana Hankam di pedesaan dan dalam pelaksanaan tugasnya, mereka selalu berkoordinasi dengan aparat terkait di desa binaannya seperti tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda agar tidak terjadi kegagalan-kegagalan dalam melaksanakan tugasnya". Bebernya.

Selepas pengarahan, seluruh  Babinsa dan unsur Intelijen langsung memasuki per posnya masing-masing untuk melaksanakan ujian dan apabila hari ini tidak lulus maka akan dilanjutkan pada esok harinya. Dalam kegiatan UTPJ ini juga tidak lepas dari pengawasan langsung dari tim Wasev Korem 071/Wijayakusuma yang dipimpin oleh Mayor Inf. Saeroji. [ U/Sutaryo ]


Share
Banner

KODIM CILACAP

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: