Navigation

Film Penumpasan G 30 S/PKI Akan Serentak Diputar Di Seluruh Jajaran Kodim 0703/Cilacap


Cilacap, IMC - Komando Distrik Militer (Kodim) 0703/Cilacap bakal memutar film sejarah penumpasan Gerakan 30 September 1965 (G 30 S/PKI ) di seluruh jajarannya yang menjadi wilayah hukum Kodim 0703/Cilacap.


Menurut Dandim 0703/Cilacap, yang disampaikan melalui Pasi Intel Kapten Inf. Taryun, pemutaran film bertajuk penumpasan Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (PKI) ini akan dilakukan di seluruh wilayah Kodim 0703/Cilacap.

"Di setiap Koramil di wilayah Kodim 0703/Cilacap akan diputar film penumpasan G30S/PKI. Film tentang sejarah kekejaman PKI nantinya akan diputar di 18 Makoramil jajaran Kodim 0703/Cilacap," kata Pasi Intel Kodim 0703/Cilacap, Kapten Inf. Taryun, Senin (18/09).


Lanjut Pasi Intel, rencana nonton bareng film bersejarah ini memiliki tujuan sebagai penanaman pendidikan sejarah bangsa di kalangan masyarakat terutama para generasi muda penerus Bangsa. Sebab, saat ini masyarakat sudah mulai melupakan sejarah bangsanya, terutama di kalangan anak-anak generasi penerus bangsa, bahwa pengkhianatan yang dilakukan terhadap bangsa dan negara Indonesia ini adalah Gerakan Partai Komunis Indonesia, atau yang lebih dikenal G 30 S/PKI.

"Diharapkan, nonton bersama pada tanggal 30 September nantinya, dapat dihadiri oleh seluruh masyarakat yang ada di Wilayah jajaran Kodim 0703/Cilacap, khususnya masyarakat dan kalangan anak muda yang ada di wilayah Kabupaten Cilacap, apabila kita telah memahami sejarah tersebut, maka tidak mudah terkontaminasi maupun terpengaruh dari kelompok-kelompok yang ingin memecah belah Keutuhan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," harap Pasi Intel Kodim 0703/Cilacap, Kapten Inf. Taryun.

Peristiwa G30S PKI sejatinya tidak lepas dari kejadian penculikan petinggi-petinggi TNI AD saat itu. Mereka diasingkan dan dibantai tanpa belas kasihan di Monumen Lubang Buaya. Berikut ini nama-nama TNI yang mendapatkan gelar Pahlawan Revolusi pasca terjadinya pembantaian tersebut, Jend. TNI Anumerta Ahmad Yani, Mayjend. TNI Anumerta Donald Isaac Pandjaitan,
Brijend TNI Anumerta Katamso Darmokusumo,
Letjend TNI Anumerta MT Haryono, 
Letjend TNI Anumerta Suprapto, Kapten Anumerta Pierre Tendean, Ajun Inspektur Polisi Dua Anumerta KS Tubun, Kolonel Infanteri Anumerta R Sugiyono Mangunwiyoto,
Mayjen TNI Anumerta Sutoyo Siswomiharjo,
Letjen TNI Anumerta S. Parman.

Untuk itu, Pasi Intel Kodim 0703/Cilacap berharap, 30 September nanti ketika pemutaran film digelar, kalangan masyarakat, anak muda bisa turut hadir untuk menyaksikan sejarah kekejaman G 30 S/PKI ." Imbuhnya.

Terkait rencana ini, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memberikan dukungan penuh. Menurutnya, masyarakat dan generasi muda perlu tahu tentang sejarah G30S/PKI. Bukan hanya itu, Menteri Dalam Negeri juga menyarankan agar film Penumpasan Pengkhianatan G 30 S/PKI diputar di sejumlah stasiun televisi nasional.
"Menurutnya, "tidak masalah," tegas Menteri Dalam Negeri Tjahjo, dikutip Kompas.com

Penulis : Sty/PendimCilacap
Editor : Syf
Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: