Navigation

Siswa SMK Muhammadiyah Mendapat Pelajaran Wawasan Kebangsaan dari Danramil


Tegal, IMC - Masa Orientasi Sekolah (MOS) lazim kita jumpai hampir di tiap sekolah, mulai dari tingkat SMP, SMA, SMK hingga perguruan tinggi. Hamapir seluruh sekolah negeri maupun swasta menggunakan cara itu untuk mengenalkan almamater pada peserta didik baru.


Masa orientasi sekolah dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan, juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut, baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, kakak kelas, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah itu dan instansi lain Koramil maupun Polsek di lingkungannya Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan yang rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah.

Pada hari Sabtu tanggal 22 Juli 2017 Danramil 06 /Kramat Kapten Kav Mukholim melaksanakan kegiatan pemberian materi Wawasan Kebangsaan kepada siswa dan siswi  SMK Muhammadiyah yang baru masuk jumlah 340 orang mulai pukul jam 08.30 s.d 10.00 wib bertempat di Aula SMK Muhammadiyah Kramat dengan judul.
4 Pilar Kebangsaan maksud dan tujuannya adalah untuk memberikan pembekalan awal bela negara pada siswa yang baru agar memiliki rasa kecintaan terhadap tanah air karena masa depan bangsa Indonesia berada di pundak para remaja yang saat ini masih menduduki siswa siswi SMK Muhammadiyah Kramat Kabupaten Tegal dengan susunan materi sebagai berikut:
1. Menyanyikan lagu Indonesia Raya dipimpin oleh salah satu siswa.
2. Pemberian materi 4 Pilar Kebangsaan.
3. Kuis Sumpah Pemuda bagi siswa yang bisa menyebutkan dengan benar diberi hadiah oleh Danramil.
4. Menyanyikan Garuda Pancasila dipimpin oleh salah satu siswa.
5. Kuis pengucapan Pancasila dan lambangnya kepada seluruh siswa yang bisa mengucapkan dengan benar diberi hadiah oleh Danramil.
6. Penutup menyia-nyiakan lagu Bagimu Negeri.


Harapannya adalah dengan kehadiran Danramil memberikan materi 4 Pilar Kebangsaan kepada seluruh siswa baru untuk memberikan semangat kebangsaan dan cinta tanah air kepada siswa dan siswi yang baru baru masuk di SMK Muhammadiyah sehingga sejak dini bisa menjaga Persatuan dan Kesatuan baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah sehingga memiliki jiwa Nasional untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. ( Teguh andi sasono )
Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: