Navigation

Woow..! SUMBERMARON Masuk Destinasi Wisata Malang

Malang, IMC - Kabar gembira datangnya dari Pemerintah Kota (Pemkot) Malang, berupa pengembangan destinasi wisata. Kerja keras Pemkot dan pemerintah Kabupaten Malang, saat ini tengah dinanti oleh masyarakat berupa menaikkan lagi salah satu daerah di Malang menjadi kota wisata.
Adalah Sumbermaron di Desa Karangsuko, kecamatan Pagelaran, terus digalakkan untuk menaikkan statusnya lagi menjadi salah satu kota wisata di Malang. Sumbermaron merupakan salah satu daerah destinasi wisata mandiri yang selalu diincar investor dan wisatawan karena pemandangannya yang indah berupa sumber air sebagai pemandangan alami.
Sebelum dimasukkan sebagai salah satu kota destinasi wisata, Sumbermaron pernah dihebohkan masyarakat dengan pemerintah desa Karangsuko, bahwa aparat pemerintah desa setempat tidak mau memasukkan Sumbermaron menjadi destinasi wisata terbaru di Kabupaten Malang.

Baca Juga : Komunitas Anak Negeri UNITRI Komitmen Perjuangkan Kaum Marginal
Namun, kehebohan itu akhirnya ditepis oleh pemerintah desa Karangsuko dengan melakukan kesiapan manajemen pengelolaan wisata. Dan akhirnya melalui kesepakatan bersama, Sumbermaron yang bernaung di bawah badan usaha milik desa (BUMDesa) Karangsuko dengan tujuan memakmurkan perekonomian warga serta menambah pendapatan asli desa (PAD).
“Akhirnya disepakati bersama lewat pembentukan BUMDesa, dan menjadi jalan terbaik dalam pengelolaan wisata Sumbermaron. Memang persyaratannya, sudah selesai. Kami tinggal menanti (melakukan) penyempurnaan bersama lewat peraturan desa (perdes)-nya,” kata Rusman, kepala Desa Karangsuko, belum lama ini.
Diakui Rusman, demikian dipanggil, bahwa dalam proses pembentukan BUMDesa-nya hingga ke tahap teknis regulasi dan pengembangan wisata, pihaknya saat ini bersama Pemerintah Kecamatan Pagelaran tengah menggandeng konsultan dari Universitas Brawijaya (UB) serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, agar dirancang (mendesain) proses pengerjaan yang lebih matang lagi. Sehingga nantinya, Sumbermaron sungguh-sungguh diincar pihak investor dan wisatawan mancanegara.
Hal yang sama diutarakan Camat Pagelaran Ichwanul Muslimin. Dalam pandangannya, pada dasarnya, wisata Sumbermaron telah memiliki rencana berupa pengembangan menjadi destinasi wisata yang bukan hanya sekadar menjual pemandangan alam semata. Tetapi lebih dari itu juga akan dikonsepkan menjadi wisata edukasi bagi anak-anak, termasuk juga wisata sport ekstrem seperti arung jeram dan tracking area.
Selain Ploting program, tambah Muslimin, akan dikerjakan sekitar triwulan ketiga 2017. Dengan catatan, Pemerintah Kecamatan Pagelaran bersama Pemdes akan saling bahu-membahu dalam meningkatkan kesadaran warga setempat akan pentingnya meningkatkan destinasi wisata.
"Sangat penting untuk kami mengedukasi warga masyarakat agar bisa tahu dan sadar wisata. Supaya nanti Sumbermaron akan di-launching menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Malang, warga setempat sudah tahu betul akan manfaatnya sadar wisata," urai mantan camat Ngantang ini yang juga mencontohkan bahwa saat ini warga belum begitu paham keterkaitan wisata, lingkungan alam, serta pola ruang dan area wisata.
“Saya akan mengingatkan warga setempat bahwa untuk mendatangkan wisatawan, baik dalam negeri maupun luar negeri, sejatinya kita mesti “menjual” keramahan, keamanan, serta berorientasi pada budaya yang akan saling menguntungkan kedua pihak. Bisnis yang menjanjikan adalah mengelola wisata,” tambahnya meyakinkan.
Salah satu warga yang tidak mau menyebutkan identitasnya, mengapresiasi kerja keras pemerintah setempat, dalam memasukkan Sumbermaron sebagai kota wisata di Malang. Dirinya bertekad untuk mengajak sesama warga desa baik di desanya maupun desa tetangga, agar bersama-sama menjaga keramahan, keamanan, dan memajukan desanya lewat wisata.
“Ini peluang yang sangat baik. Dulunya Sumbermaron tidak dikenal, kini Sumbermaron akan semakin dikenal masyarakat di seluruh Indonesia. Bahkan bisa jadi Sumbermaron akan masuk destinasi wisata dunia. Dengan sendirinya, akan menambah rejeki atau pendapatan bagi warga di sekitar sini,” katanya berharap. (Felix)



Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: