Navigation

Prajurit Harus Dapat Kuasai Ilmu dan Kemampuan Teritorial

“Prajurit Harus Dapat Kuasai Ilmu dan Kemampuan Teritorial”
Demikian penegasan Dandim 0713/Bbs Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono dalam sambutannya pada Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan (Binsiap Apwil) dan Peningkatan Kemampuan Teritorial (Puanter) bagi para Danramil dan Babinsa, Jumat (10/3) di Aula Makodim 0713/Bbs.
Lebih lanjut, Dandim menyampaikan bahwa tugas TNI diantaranya melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan darat yang direalisasikan melalui kegiatan pembinaan teritorial (Binter). Karenanya dalam rangka menghadapi era globalisasi yang semakin kompleks, perlu mendapat perhatian dan upaya nyata menghadapi tantangan tersebut dari para prajurit.
"Sebagai aparat kewilayahan, Danramil dan Babinsa khususnya harus dapat menguasai wilayah binaannya sesuai Lima Kemampuan Teritorial yang dimiliki, agar Babinsa dapat menerapkannya secara langsung dengan terjun dilapangan sehingga dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik," lanjutnya.
"TNI AD melaksanakan pembinaan teritorial dalam rangka meningkatkan profesionalisme prajurit khususnya prajurit kewilayahan yang secara langsung berhadapan dengan masyarakat serta kondisi di wilayahnya. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, maka prajurit sebagai aparat kewilayahan harus dapat menguasai ilmu teritorial dan kemampuan teritorial diwilayah masing-masing," ungkapnya.
Pada kesempatan yang sama, Dandim 0713/Bbs menyampaikan bahwa sasaran dilaksanakannya Binsiap Apwil dan Puan Ter tersebut agar prajurit kewilayahan Kodim 0713/Bbs ini lebih memahami dan mampu melaksanakan tugas kewilayahannya dengan baik dan tidak ada keraguan dalam mengaplikasikan atau melaksanakan tugas dilapangan.
Dengan demikian diharapkan tugas dan tanggung jawabnya sebagai aparat kewilayahan dapat dicapai secara optimal, efektif dan efisien serta dapat meningkatkan kemampuan prajurit dalam pelaksanaan tugas dengan menjabarkan serta mensosialisasikan Binter di wilayah.
"Prajurit kewilayahan harus mempunyai mental, disiplin, profesional dan semangat. Hal ini agar prajurit sebagai aparat kewilayahan dapat berintegrasi dan bersinergi dengan komponen dan elemen diwilayah dalam pelaksanaan tugas kewilayahannya," tegasnya.
Binsiap Apwil dan Puan Ter Triwulan I Tahun 2017 Kodim 0713/Bbs diselenggarakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para Babinsa dalam Binter. Kegiatan tersebut merupakan program komando atas serta merupakan kegiatan yang dibutuhkan oleh segenap prajurit sebagai aparat kewilayahan baik Danramil maupun Babinsa dalam rangka menghadapi dinamika dan tantangan tugas yang semakin kompleks dimasa datang.
Kegiatan Binsiap Apwil dan Puan Ter Kodim 0713/Bbs juga sebagai sarana pembekalan dan peningkatan pengetahuan dan kemampuan prajurit sebagai aparat kewilayahan dalam melaksanakan tugas pembinaan teritorial. Dengan tujuan agar diperoleh kesamaan pola pikir dan kemampuan dalam deteksi dini, cegah dini dan menganalisa serta mengambil keputusan dan tindakan terhadap perkembangan situasi dan dinamika diwilayah guna mewujudkan kekuatan wilayah pertahanan aspek darat yang tangguh. Penguasaan wilayah merupakan faktor penting dalam menentukan keberhasilan pelaksanaan tugas satuan komando kewilayahan (Satkowil). (tgh)


Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: