Recent

Indonesia Media Center (IMC)

Kasdim 0712/Tegal Buka Kegiatan Peningkatan Kemampuan Komunikasi Sosial

Tegal, IMC - Komandan Kodim 0712/Tegal Letkol Kav. Kristiyanto, S.Sos diwakili Kasdim 0712/Tegal Mayor Inf. Sugihartono secara resmi membuka kegiatan peningkatan kemampuan komunikasi sosial bertempat di aula Makodim 0712/Tegal, Senin 13 Maret 2017.
Dalam amanatnya yang disampaikan oleh Kasdim 0712/Tegal Mayor Inf. Sugiahartono menyampaikan kegiatan ini merupakan program kerja yang bertujuan untuk meningkatkan dan keterampilan prajurit Kodim 0712/Tegal khusunya dalam berkomunikasi sosial dengan segenap komponen bangsa, sehingga memiliki kemampuan dasar untuk memberikan pemahaman tentang pemberdayaan wilayah pertahanan di darat. 
“Saya juga berharap kepada peserta kegiatan ini bukan merupakan seremonial saja, tapi kita aplikasikann atau terapkan dilapangan dalam menjalankan tugas sehari hari sebagai aparat kewilayahan,” paparnya.
Menurut Sugiahartono , Komsos merupakan salah satu metode Pembinaan Teritorial yang sering dilaksanakan di Kodim 0712/Tegal guna memperoleh kesamaan visi, misi dan interpretasi antar segenap komponen Bangsa dalam pembinaan potensi sumber daya Nasional menjadi komponen cadangan dan komponen pendukung dalam sistem pertahanan Negara.
“Agar Komsos bisa berjalan lancar dan dapat mencapai tujuan yang diharapkan maka diperlukan pentahapan dalam penyelenggaraannya, mulai dari tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan pengakhiran,” jelas Kasdim.
Beberapa materi yang diberikan kepada palaku diantaranya, Kebijakan Kasad dalam bidang territorial tahun 2017, peningkatan kemampuan komsos, pengamalan sikap ter yang benar dan bahaya laten komunis.
Melalui Pasiter Kodim 0712/Tegal Kapten Arh Asep Koswara menyampaikan tentang pentingnya sosialisasi ini kepada prajurit Kowil agar nantinya bisa lebih memahami tugas dan fungsinya, sehingga tidak terjadi keraguan dalam mengaplikasikannya di lapangan.
"Aparat kewilayahan perlu memahami dan mampu melaksanakan tugas pembinaan teritorial agar memiliki kesamaan langkah dan tindakan dalam melaksanakan tugas," tegas Pasiter Kodim 0712/Tegal.
Pasiter Kodim 0712/Tegal menegaskan bahwa Babinsa yang merupakan garda terdepan dalam tugas kewilayahan bagi TNI-AD wajib meningkatkan kesiapan Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial, selain itu diperlukan kemampuan dan ilmu teritorial dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan situasi dan kondisi saat ini.
Pada kesempatan itu pula Danramil 18/Pagerbarang Kapten Inf Durochim langsung memberikan materi sikap teritorial kepada para Babinsa, hal ini adalah untuk memelihara kemampuan teritorial dan selain itu mereka juga harus memiliki 8 sikap teritorial. Kemampuan teritorial diantaranya, kemampuan temu cepat atau lapor cepat, managemen teritorial, penguasaan wilayah, pembinaan perlawanan rakyat, dan kemampuan komunikasi sosial.
“Sedangkan, yang termasuk ke dalam 8 sikap teritorial adalah murah senyum, tegur sapa, rasa hormat, dan terima kasih, kenali adat istiadat, larut diri di setiap lapisan masyarakat, positif dalam tata susila, kesediaan untuk membantu, dan selalu ikut dalam kegiatan keagamaan. Kita harus memiliki semua itu, hanya dengan semua sikap itu kita sudah bisa menjadi Babinsa yang tauladan. Kita adalah bagian dari masyarakat, jadilah sosok terpenting di lingkup kehidupan masyarakat wilayah binaan," jelas Kapten Inf Durochim.
Danramil 16/Margasari Kapten Inf. Saroi, menambahkan "kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya peningkatan kemampuan Komsos yang diselenggarakan setiap Triwulan. Untuk itu agar para Babinsa senantiasa mendengarkan, menyimak, memahami dan mencermati setiap materi yang akan disampaikan oleh narasumber sehingga dapat mengimplementasikan pada saat pelaksanaan tugas di lapangan".
Sasaran penyelenggaraan kegiatan peningkatan kemampuan komsos ini diharapkan kepada anggota agar lebih memahami dan mampu melaksankaan tugas kewilayahannya. Sehingga dalam melaksankan tugasnya tidak ada keraguan dalam mengaplikasian atau melaksanakan tugas di lapangan, dengan demikian hasil yang dicapai oleh anggota di lapangan dapat optimal, efektif dan efesien, serta dapat meningkatkan kemampuan Prajurit dalam melaksanakan tugas dengan menjabarkan serta mensosialisasikan Binter di wilayahnya.
Dalam tugas seperti ini dibutuhkan sosok soerang Prajurit yang memiliki mental, disiplin, semangat yang tangguh dan profesional serta dapat berintegrasi dengan komponen masyarakat untuk melaksanakan tugas di satuan komando kewilayahan di jajaran Kodim 0712/Tegal.
Pasi Intel Kodim 0712/Tegal Kapten Inf Juwedi menegaskan, tujuan diadakannya sosialisasi ini adalah untuk mencegah dan membendung bangkitnya kembali komunis di Indonesia.
Sesuai dengan judul maka materi yang diberikan pada sosialisasi tersebut yaitu tentang bahaya laten komunis serta faham radikal di Indonesia yang semua materi tersebut dibawakan oleh Pasi Intel Kodim 0712/Tegal.
Dalam memberikan materi tersebut Pasi Intel Kodim 0712/Tegal Kapten Inf Juwedi menjelaskan kepada peserta sosialisasi mengenai bahaya laten komunis mulai dari sejarah perkembangan, bangkitnya kembali komunis di Indonesia dan strategi menghadapinya serta sikap dan langkah TNI AD dalam menghadapi bahaya laten komunis dan faham radikal tersebut.
Sosialisasi tersebut diadakan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman prajurit serta PNS dan KBT di wilayah Kodim 0712/Tegal tentang bahaya laten komunis dan paham radikal kanan sehingga diharapkan senantiasa terwujud sikap  tanggap  dan waspada serta diperoleh kesamaan langkah, tindakan dalam menyikapi bahaya laten komunis dan paham radikal yang hingga saat ini masih tetap menjadi ancaman bagi Pancasila dan keutuhan NKRI.
Bahaya laten komunis merupakan suatu paham yang tidak akan bisa hilang, untuk itu di harapkan para peserta Sosialisasi ini bisa mengetahui tentang hal ini “Kata Pasi Intel Dim 0712/Tegal.
“Kita harus lebih jeli lagi dan selalu meningkatkan kewaspadaan dalam memantau wilayahnya demi kelangsungan dan keutuhan NKRI yang kita cintai,” tegas Kapten Inf Juwedi. (Pendim Tegal/tgh)
Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: