Navigation

Drill Kering Ingatkan Prajurit Latih Kemampuan Tembak

Banyumas, IMC – “Drill kering latihan menembak bertujuan untuk mengingatkan kembali teknik-teknik dasar menembak bagi prajurit agar dapat menghasilkan hasil yang memuaskan dalam latihan menembak nantinya,” ungkap Kasiopsrem 071/Wk Mayor Inf. Jimmy Hutapea pada latihan drill kering menghadapi latihan menembak mendatang, Senin (13/3) di Lapangan Apel Makorem 071/Wk Jl.Gatot Subroto No.1 Sokaraja Banyumas.
"Menembak bukan hanya sekedar melakukan kegiatan menarik picu dan mengenai sasaran,  namun menembak sesungguhnya membutuhkan proses yang teliti dan jeli mulai dari membuat lisan atau gambar bidik, pengaturan nafas, konsentrasi, mental dan penentuan ritme menarik picu hingga amunisi tepat sasaran yang diinginkan," jelas Mayor Jimmy Hutapea.
"Drill kering atau acu bidik sangat baik untuk meningkatkan kemampuan menembak prajurit," lanjutnya.
Dengan kegiatan seperti ini diharapkan para prajurit dapat menguasai teknik menembak dan tentunya para prajurit akan lebih mengenal karakter senjata.
"Dengan belajar kembali teknik-teknik dasar menembak, diharapkan prajurit akan dapat dengan cepat memiliki kemampuan menembak hingga tingkat mahir," harapnya.
Lebih lanjut Mayor Jimmy menyampaikan bahwa drill kering selain untuk mengingatkan kembali teknik-teknik dasar menembak dengan senapan laras panjang dan pistol, juga guna memelihara dan meningkatkan kemampuan dan keterampilan prajurit dalam penguasaan teknik menembak sehingga dengan mengetahui hal ini, para prajurit diharapkan mahir dalam menembak sasaran dengan hasil yang memuaskan.
Latihan drill kering dalam rangka menghadapi latihan menembak senjata ringan baik laras panjang maupun pistol yang akan berlangsung kedepan diikuti para prajurit Wijayakusuma dengan melakukan latihan drill kering sikap dalam menembak yakni tiarap, duduk dan berdiri.
"Dengan mempelajari kembali teknik-teknik dasar menembak, prajurit akan dapat dengan cepat memiliki dan menguasai kemampuan menembaknya sampai tingkat mahir. Karenanya fisik, mental dan juga bakat serta keahlian khusus dibutuhkan dalam melakukan proses tersebut. Disamping itu pula, perawatan senjata harus diperhatikan agar dapat digunakan dengan baik dan agar usia pakainya lama," pungkas Kasiopsrem 071/Wk.
Dalam drill kering dan latihan sesungguhnya, instruksi pelatih dan pengawas harus selalu diutamakan karena dalam latihan menembak sesungguhnya dilakukan diarea terbuka sehibgga membutuhkan pengamanan yang signifikan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Para prajurit harus selalu konsentrasi dalam setiap melakukan gerakan menembak, karena kesalahan sekecil apapun dalam  sikap dan tindakan menembak akan meleset sasaran yang dituju. (Tgh)

Share
Banner

Indonesia Media Center

Indonesia Media Center, Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Post A Comment:

0 comments: