Tak Kenal Waktu, Babinsa Terus Dampingi Petani Mengaliri Sawah Yang Kekeringan



Cilacap, Jateng | IMC - Tanaman padi merupakan tanaman yang sangat banyak membutuhkan air, khususnya pada saat masa pertumbuhan tanaman harus tergenang air. Agar produktivitas padi cukup baik dan efektif dalam satuan luas lahan, maka di butuhkan suplai air yang cukup.

Dalam pendampingan para petani di Desa binaan, Babinsa Koramil 14/Cimanggu dari jajaran Kodim 0703/Cilacap Serda Pandu Iriyanto, membantu petani dalam mengairi sawahnya menggunakan mesin pompa air, salah satunya sawah milik Bintoro, anggota Kelompok Tani Suka Asih Dusun Nambo, Desa Bantarpanjang, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap, Senin malam (20/5/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Serda Pandu mengatakan bahwa, "Kegiatan pendampingan para petani ini sudah menjadi tugas dan tanggung jawab setiap Babinsa di wilayah Desa binaannya. selain bersilaturahmi dengan warga masyarakat, akan tetapi kegiatan ini juga merupakan salah satu program Pemerintah dalam mensukseskan dan mencapai Ketahanan Pangan Nasional, "ujarnya.

Dimana para petani dalam mengolah lahannya tidak tergantung pada curah hujan saja, akan tetapi dapat juga menggunakan program Pompanisasi, yaitu dengan cara mengambil air dari sumbernya menggunakan mesin pompa, dan di alirkan ke lahan-lahan milik para petani. Sehingga para petani dapat terus mengolah lahannya dengan tidak tergantung pada curah hujan.

"Dengan adanya program Pompanisasi ini, Kita berharap para petani dapat Panen padi dua sampai tiga kali setahun, sehingga program Pemerintah dalam Ketahanan Pangan Nasional dapat tercapai, "pungkas Serda Pandu.

Pada kesempatan yang sama, Bintoro selaku perwakilan dari Kelompok Tani Suka Asih Dusun Nambo, mengucapkannya banyak banyak terima kasih kepada Pak Babinsa, yang telah hadir membantu dan meluangkan waktunya untuk mengairi lahan persawahan miliknya.

"Terima kasih Pak Babinsa yang telah hadir membantu mengairi sawah, semoga dengan program Pompanisasi ini, , kebutuhan air untuk tanaman padi dapat tercukupi, sehingga produksi hasil pertanian dapat meningkatkan, "harapnya.(R4/Sty) 




Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال