Pemkab Solok Selatan Siaga Penuh Hadapi Potensi Bencana Alam



Solok Selatan, IMC - Hal itu dilakukan Pemkab Solsel berkaca dari beberapa peristiwa bencana yang pernah terjadi pada beberapa tahun silam di beberapa daerah sekitar Solok Selatan, semisal bencana banjir, galodo maupun tanah longsor.

Dari pantauan berbagai media, dalam kurun waktu bulan Mei 2024 ini saja, setidaknya ada 4 hingga 5 bencana alam yang terjadi di Solok Selatan akibat cuaca ekstrim yang masih terus melanda di beberapa wilayah. 

Adapun dampak dari bencana tersebut menyebabkan beberapa peristiwa yang beragam semisal longsor yang terjadi di Koto Baru, Pinti Kayu dan Ulu Suliti pada minggu (12/5/2024), kemudian banjir bandang yang terjadi baru-baru ini di Sungai Manau, Kec. KPGD. 

Atas sejumlah peristiwa tersebut, Pemkab Solsel selalu bertindak cepat dalam berkoordinasi dengan berbagai pihak dalam hal ini BPBD dan Dinas Sosial PMD, Tim Tagana , Satlinmas, Babinsa, Babinkamtibmas, kecamatan, pemerintahan nagari, hingga TNI dan Polri agar segera melakukan penanganan bencana.

Sejumlah alat berat juga disiagakan Pemkab, dimana tak kurang dari 24 jam alat berat seperti Wheel Loader maupun excavator diterjunkan ke lokasi kejadian.

Saat ini Pemkab Solsel bersama pihak terkait terus mengoptimalkan penanganan banjir bandang atau galodo dan longsor di Jorong Sungai Kalu 2 Nagari Pakan Rabaa Utara Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh.

Kepala Dinsos PMD Solsel melalui Sekretaris Dinas, Ilhamka Yusid dalam keterangannya menyampaikan, pemerintah telah mendirikan dapur umum untuk para pengungsi, supply air bersih pun juga sudah ddi alokasikan ke lokasi bencana

Untuk melihat langsung kondisi para pengungsi ini, jajaran pemerintah kabupaten terjun langsung dipimpin oleh Wakil Bupati Solok Selatan H. Yulian Efi. (Jumat/17/5/2024). 

Wabup menyampaikan turut berduka atas musibah yang membuat seluruh warga ini harus mengungsi dan berharap apa yang menimpa ini bisa segera berlalu.


"Kami meninjau lokasi pengungsian yang sudah difasilitasi untuk mereka tinggal selama beberapa hari ke depan," kata Yulian. ( HMS )

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال