Investasi Syariah di Rusia: Peluang Baru Untuk Bisnis Dari Negara-Negara OIS

 



Jakarta,IMC- Di Rusia sedang dibicarakan ide untuk menyederhanakan registrasi bisnis bagi orang asing yang tertarik berinvestasi di Rusia. Para investor dari negara-negara Timur Tengah dan Asia Tenggara sudah memiliki sejumlah keuntungan yang memungkinkan mereka untuk mengembangkan proyek di Rusia. Pada tahun 2024, kemungkinan akan muncul peluang baru bagi mereka.


Pada bulan Desember, ada informasi bahwa investor dari Arab Saudi bersama dengan Dana Investasi Langsung Rusia dalam dua tahun ke depan dapat menginvestasikan sekitar 1 triliun rubel dalam proyek-proyek Rusia, yang hampir setara dengan 11 miliar dolar. Jumlah yang sama sebesar 1 triliun rubel telah diinvestasikan oleh mitra selama delapan tahun terakhir. Menurut laporan, pendapatan gabungan perusahaan yang menerima dana tersebut telah mencapai lebih dari 4 triliun rubel.

Perwakilan bisnis dari negara-negara Timur Tengah di Forum Ekonomi Internasional "Rusia - Dunia Islam: KazanForum" pada tahun 2023 berbicara tentang keuntungan berinvestasi di proyek-proyek Rusia seperti "pertumbuhan pasar Rusia", "kondisi yang menguntungkan di zona ekonomi khusus", dan hubungan kemitraan negara-negara yang "memungkinkan investasi skala besar". Para ahli juga menarik perhatian pada peluang tambahan di wilayah Rusia di mana Islam secara tradisional tersebar luas, seperti di Republik Tatarstan.


"Bagi investor Turki, saya melihat keuntungan di sini baik dalam hal pinjaman maupun bahasa - bahasa Tatar mirip dengan bahasa Turki, para ahli dapat dengan mudah memahami satu sama lain. Oleh karena itu, investasi kami akan terus berlanjut," kata Eljevit Oktem, direktur perusahaan Rusia dari perusahaan induk "Joshkunoz Alabuga".

Bidang-bidang investasi Islam utama di Rusia, menurut peserta KazanForum dari Uni Emirat Arab: perdagangan grosir dan distribusi, pertanian, transportasi dan logistik, produksi makanan, layanan konstruksi dan manufaktur lainnya, serta pariwisata halal, yang sudah ditawarkan kepada para tamu di Kaukasus Rusia dan di Wilayah Sungai Volga.


"Perbankan syariah" Rusia diharapkan dapat membuka peluang baru bagi para investor dari Timur Tengah dan Asia Tenggara pada tahun 2024. Empat wilayah Rusia - Republik Dagestan, Bashkortostan, Tatarstan, dan Republik Chechnya - bereksperimen dengan pengenalan prinsip-prinsip pembiayaan kemitraan dari September 2023 hingga September 2025. Wilayah-wilayah tersebut sudah terbuka untuk investor eksternal. Dan bidang keuangan Islam menjadi bidang kerja sama yang penting dengan Republik Islam Iran - peserta aktif tradisional KazanForum - kata Rustam Minnikhanov dalam kunjungannya baru-baru ini ke Iran.

Direncanakan bahwa pusat perdagangan Iran akan mulai beroperasi di ibu kota Tatarstan, Kazan, tahun ini. Ini dapat menjadi platform utama yang mewakili produk dari produsen Iran di Wilayah Volga. Mitra dari Timur Tengah juga tertarik pada proyek-proyek pengeboran dan pengolahan minyak, akuisisi pesawat dan helikopter yang diproduksi di republik tersebut.

Proyek logistik internasional membuka peluang besar dalam perdagangan - pengembangan koridor transportasi "Utara-Selatan", yang telah diikuti oleh 14 negara. Diperhatikan bahwa kerja sama bersama pada tahun 2023 telah menghasilkan peningkatan volume pengiriman ekspor, impor, dan transit secara signifikan.

Sebuah proyek untuk membangun jalur komunikasi serat optik antara Rusia, Kazakhstan dan Iran dengan akses ke jalur internasional di sepanjang pantai Samudra Hindia sedang dalam tahap diskusi para ahli. Diharapkan pembangunan jalur ini akan memungkinkan terciptanya rute baru yang dapat diandalkan untuk lalu lintas transit di Eurasia dan meningkatkan logistik data di tingkat global.

Persetujuan baru mengenai investasi menguntungkan dalam bisnis Islam dan proyek bersama dengan mitra Rusia dapat dicapai dan diumumkan di Forum Ekonomi Internasional ke-XV "Rusia - Dunia Islam: KazanForum" yang akan diadakan pada tanggal 14-19 Mei 2024 di Kazan.

Kami mengundang koresponden dan pimpinan media untuk berpartisipasi dalam program Forum Internasional "Rusia - Dunia Islam: KazanForum" dan acara khusus untuk media. Kami akan senang melihat Anda di KazanForum-2024!

Akreditasi:https://reg.kazanforum.ru/en/registration/media

Informasi singkat:

Forum Ekonomi Internasional «Rusia – Dunia Islam: KazanForum» adalah platform utama untuk interaksi bisnis antara Rusia dan negara-negara dunia Islam. Tujuan dari forum ini adalah untuk memperkuat hubungan perdagangan, ekonomi, ilmu pengetahuan, teknis, pendidikan, sosial dan budaya antara daerah Federasi Rusia dan negara-negara Organisasi Kerjasama Islam dengan beranggotakan 57 negara.

Forum Ekonomi Internasional XV “Rusia – Dunia Islam: KazanForum” akan diselenggarakan pada 14-19 Mei 2024. Tempat: Federasi Rusia, Republik Tatarstan, Kazan.

Topik utama KazanForum-2024: keuangan Islam, industri halal, investasi internasional, industri, teknologi inovatif, energi, logistik, pariwisata, diplomasi, prinsip-prinsip ESG, usaha kecil dan menengah, kedokteran, olahraga, industri media, dll.

Pendaftaran untuk KazanForum-2024 di situs web resmi Forum: www.kazanforum.ru. ( Sumber IMC/Rls)

 

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال