RATUSAN WARGA BINAAN LAPAS PADANG GUNAKAN HAK PILIHNYA DALAM PEMILU 2024

Padang, IMC - Sebanyak 856 orang Warga Binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Padang menyalurkan hak pilihnya pada Tempat Pemungutan Suara (TPS) Khusus di Lapas Padang tersebut, Rabu (14/2/).



Kegiatan Pemungutan Suara di TPS Khusus ini turut dihadiri langsung oleh Direktur Kesehatan dan Perawatan (Dirkeswat) Rehabilitasi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia, Elly Yuzar, yang didampingi Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Barat,Haris Sukamto.


“Pemilu di Lapas ini kita pastikan terselenggara dengan baik sebagai wujud terhadap pemenuhan hak konstitusional”, jelas Kakanwil.


WBP di Lapas/LPKA/Rutan sangat antusias untuk turut memberikan hak suaranya pada Pemilu 2024. Terlebih dengan berbagai upaya yang telah dilakukan jajaran Kanwil Kemenkumham Sumbar, Para WBP merasa telah diperhatikan hak-haknya, dijaga martabatnya sebagai warga negara Indonesia, sehingga bisa turut serta memberikan kontribusi melalui hak suaranya dalam menentukan pilihannya sesuai hati nuraninya.


Kegiatan Pemilu di TPS Khusus Lapas ini juga mendapatkan Support dari Jajaran TNI/Polri,Bawaslu, dan KPU Kota Padang dalam mendukung menyukseskan Pemilu Tahun 2024 di Lapas Padang.


Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Padang,Marten, mengungkapkan, pada pelaksanaan pemilihan di TPS khusus Lapas ini ada 4 TPS yang mengakomodir sebanyak 856 orang Warga Binaan yang akan menyalurkan hak pilihnya.


“Untuk Lapas Kelas IIA Padang jumlah Warga Binaan itu ada 983 orang, jadi yang memiliki hak pilih itu sesuai DPT dan DPTB ada sebanyak 856 Orang. Jadi ada 127 warga binaan yang tidak bisa menyalurkan hak suaranya,” ungkap Marten.


Lebih lanjut Marten menjelaskan, dalam pelaksanaan pemilu pada TPS Khusus di Lapas ini, semua petugas KPPS nya melibatkan seluruh petugas dan karyawan yang ada di Lapas tersebut.


“Dan kita juga dibantu pengamanan dari pihak Lapas sendiri dan juga dari pihak Kepolisian, seperti 10 orang dari petugas keamanan Lapas, 7 personel dari Polresta Padang dan 8 personel dari Polda Sumbar, serta pengawasan dari pihak KPU dan juga dari Bawaslu,” jelasnya.


“Mudah-mudahan warga binaan di Lapas Padang ini semua menyalurkan haknya, sehingga apa yang menjadi harapan kita pada pemilu kali ini semua warga masyarakat terutama warga binaan menyalurkan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani masing-masing,” Tutupnya.


Pada Hari yang sama Petugas yang terlibat dalam Pemilu Tahun 2024 juga melangsungan Perhitungan Jumlah Suara yang tercoblos yang di saksikan oleh Pihak Bawaslu dan Saksi Partai yang hadir di setiap 4 TPS. 

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال