Universitas Al Azhar Indonesia Gelar Kelas Inspirasi Modul Nusantara dan Launching Buku "Hak Anak Berperan di Ruang Digital" untuk SMP



Jakarta,IMC-Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka (MBKM) bersama Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) menyelenggarakan Kelas Inspirasi Modul Nusantara sekaligus Launching Buku "Hak Anak Berperan di Ruang Digital" untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang dilaksanakan pada hari Senin, 18 Desember 2023 di Amphiteater Universitas Al Azhar Indonesia.


Dalam rilis yang diterima media ini, kegiatan tersebut berlangsung selama dua jam, dari 09.00 WIB sampai 12.00 WIB dan dilaksanakan secara hybrid (tatap muka dan online). Tema besar dari kelas inspirasi Modul Nusantara ini adalah "Generasi Muda yang Unggul dan Berdaya Saing Menuju Indonesia Emas 2045".

Kegiatan ini diawali dengan launching buku yang merupakan hasil kerjasama Program Studi Ilmu Komunikasi dengan Jaringan Pegiat Literasi Digital (Japelidi). Tim penulis dari Prodi Ilmu Komunikasi UAI diantaranya: Cut Meutia Karolina, Irwa Rochimah Zarkasi, Gusmia Arianti, serta menggandeng dua orang mahasiswa yang terlibat yaitu M.Shaddam Rizqullah dan Nahlazahira Rahmah.


Buku ini adalah salah satu dari sepuluh seri buku Hak anak di dunia digital lainnya yang ditujukan untuk siswa SMP. Prodi Ilmu Komunikasi UAI sendiri berharap ilmu yang tertuang dalam buku dapat tersebar luas ke berbagai pihak.

Hal ini diwujudkan melalui kerjasama melalui penyerahan buku dan e-book ke berbagai penerima manfaat, di antaranya: SMP Al Azhar Pusat, Komunitas Skhole Bandung, Komunitas Gerakan Suka Baca. Selain itu, tim penulis juga menyiapkan buku yang dapat diakses untuk teman netra, yaitu berupa audio book yang diserahkan kepada Komunitas Low Vision New Gen dan Komunitas Mitra Netra.


Kelas yang dihadiri sebanyak 70 peserta ini dihadiri oleh Mahasiswa Inbound PMM 3 UAI dan perwakilan mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi. Sehubungan dengan tema kegiatan ini, pembicara dalam kegiatan ini, antara lain: o Irma Gustiana A, S.Psi, M.Psi, Psikolog, CPC (Psikolog Klinis, Self Growth Coach & Parenting Coach) dan Founder & CEO Klinik Psikolog Ruang Tumbuh Tema: Kesadaran Generasi Muda Menghadirkan Ruang Digital yang Positif o Bayu Oktara, S.I.Kom, M.M (MC, Broadcaster, TV Personality, Lecturer) danManaging Director PT. Kandara Tri Ardhika Tema: Bijak Berekspresi di Ruang Digital.

Kegiatan dimoderatori oleh Gusmia Arianti, S.E., M.Si. Sesi pertama dimulai oleh Bayu Oktara, S.I.Kom, M.M tentang literasi dan etika digital dalam bersosial media, selain itu Bayu Oktara juga menyampaikan beberapa peran Gen Z dalam mempersiapkan Indonesia Emas 2045. Sesi kedua dilanjutkan oleh Irma Gustiana A, S.Psi, M.Psi, Psikolog, CPC tentang kesadaran dan isu kesehatan mental bagi anak muda terutama ketika berada di ruang digital. Kelas ini dilanjutkan dengan sesi ketiga yaitu tanya jawab kepada narasunber tentang isu yang dialami atau terkait dengan tema.

Kegiatan ini berlangsung sangat meriah, hal ini dibuktikan dengan banyaknya antusias peserta yang memberikan pertanyaan. Kemudian setelah sesi tanya jawab selesai dilakukan, maka panitia memberikan arahan kepada peserta untuk melakukan sesi dokumentasi. Panitia juga memberikan beberapa doorprize kepada komunitas dan mahasiswa yang bertanya.

Sehingga acara ini mendapatkan kesan positif dari para peserta dan memberikan inspirasi bagu para peserta tentang literasi digital di berbagai isu yang relevan bagu anak muda terutama peserta. ( RSH/Red/Rls)

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال