Mafindo Surabaya Raya Menggelar Kampanye Cek Fakta dan Prebunking untuk Persiapan Pemilu 2024



Surabaya, IMC – Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) wilayah Surabaya Raya telah melaksanakan kampanye "Cek Fakta dan Prebunking untuk Umum". Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya memeriksa kebenaran informasi serta menghadapi penyebaran hoaks menjelang Pemilu 2024.

Acara yang diadakan di area CFD Darmo, pada Minggu 8 Oktober 2023 lalu, dimulai dari pukul 07.00 pagi, saat warga Surabaya sedang menghabiskan hari liburnya dengan berolahraga dan berkegiatan bersama keluarga.



Dengan pendekatan komunikasi yang sederhana, diharapkan kegiatan ini dapat memberikan tambahanpengetahuan dan literasi mengenai metode baru dalam penginderaan hoaks atau yang disebut dengan Pre-bunking, setelah sekian lama menggunakan metode cek fakta atau debunking dalam upaya mencegah sebaran hoaks, utamanya dalam menghadapi banjir informasi politik yang diperkirakan mulaimewarnai tahun Pemilu 2024.

Mafindo berkomitmen untuk memberikan edukasi bagi setiap warga negara Indonesia agar memiliki pengetahuan yang memadai untuk mengambil keputusan yang terinformasikan dalam setiap proses demokrasi. Mari bersama-sama melawan disinformasi dan membangun masyarakat yang lebih cerdas dan tangguh!



Tentang Mafindo:

Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) adalah organisasi nirlaba yang berdedikasi untuk memerangi disinformasi dan hoaks di Indonesia. Kami berupaya untuk meningkatkan literasi digital dan membantu masyarakat membedakan informasi yang benar dari yang salah melalui berbagai inisiatif edukasi dan advokasi. (Diana, PIC Kampanye Cek Fakta dan Pre-bunking Mafindo Surabaya)


mung pujanarko

Mung Pujanarko, S.Sos, M.I.Kom. Situs - situs : - Situs resmi PPWI (Persatuan Pewarta Warga Indonesia), Dewan Redaksi http://www.pewarta-indonesia.com, -http://www.penanegeri.com -http://www.indonesiamediacenter.com Instruktur Jurnalistik Organisasi PPWI, Dosen tidak tetap pada Jurusan Jurnalistik STIKOM Indonesia Maju (STIKOM-IMA) Jakarta, Dosen ASMI-IBM jakarta. Mengajar di STIAMI. Alumnus jurusan Hubungan Internasional FISIP Universitas Negeri Jember (UNEJ), Alumnus Program Magister Jurnalistik IISIP (Institut Ilmu Sosial Ilmu Politik) Jakarta. Wadek III FIKOM Universitas Jayabaya. Next >

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال