Diantara maraknya Hoaks dan Misinformasi, Tular Nalar hadirkan Solusi

 


Tular Nalar, bekerja sama dengan Google.org dan Love Frankie, meluncurkan kelas untuk
memberdayakan first-time voters dengan literasi digital dan berpikir kritis diseluruh wilayah di
Indonesia pada bulan Oktober-Desember 2023.


Surabaya, IMC – Tular Nalar, program yang didedikasikan untuk memajukan literasi digital dan critical thinking, menggelar kelas Sekolah Kebangsaan dan Akademi Digital Lansia secara bersamaan di 10 wilayah (Manado, Surabaya, Bangka Belitung, Mataram, Sintang, Pontianak, Bogor, Ende, dan Wakatobi,) pada tanggal 23-29 Oktober. Program yang diinisiasi oleh MAFINDO dan didukung oleh Google.org, dengan Love Frankie sebagai mitra pelaksana ini bertujuan untuk memberdayakan first-time voters, pre-lansia, dan lansia di seluruh Indonesia.

Sistem pendidikan konvensional kurang menyediakan pembekalan yang cukup bagi pada pelajar, utamanya sebagai first-time voters dengan skill yang diperlukan untuk mengarungi dunia digital secara efektif, apalagi menjelang tahun politik 2024. Tular Nalar, sebagai program yang berakar kuat pada prinsip-prinsip demokrasi, maju memberikan solusi dan mengisi kekosongan tersebut dengan metode pendekatan prebunking atau penginderaan, yang secara proaktif menjadi vaksin untuk memperlambat penyebaran konten dan berita hoaks pra-pemilu, ujaran kebencian, dan misinformasi yang bermuatan kacau isi, kacau emosi, dan kacau diri.

Kegiatan ini di Surabaya diselenggarakan pada tanggal 24 Oktober 2023 bersama dengan civitas akademika Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Ampel Surabaya. Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Ampel Surabaya Dr. Hj. Suqiyah Musafa'ah, M.Ag., dihadapan para mahasiswa Semester 1 dan 3, sebagai Pemilih Pemula sejumlah 100 orang. Turut memberikan sambutan adalah Direktur Pusat Studi Konstitusi dan Legislasi FSH UIN Sunan Ampel Dr. Nurlailatul Musyafaah, Lc., M.Ag.

Diana Aziz mewakili Koordinator Wilayah MAFINDO Surabaya Raya , mengutarakan program Tular Nalar yang didukung oleh Google org. dan berkolaborasi dengan banyak pihak seperti Love Frankie dan Perludem akan mendukung upaya-upaya dalam memberdayakan penerima manfaat, terutama first-time voters dengan critical thinking untuk mengenali dan mencegah penyebaran hoaks, misinformasi, dan ujaran kebencian terkait pemilu..

Tentang Tular Nalar
Tular Nalar, program pelatihan literasi digital dan critical thinking yang diinisiasi oleh MAFINDO dan didukung oleh Google.org, dengan Love Frankie sebagai mitra pelaksana. Dikembangkan bekerja sama dengan Institut Kebudayaan dan Kemanusiaan MAARIF dan JRKI pada tahap awal, Tular Nalar telah mengalami pertumbuhan yang pesat dalam tiga tahun ini. Tular Nalar merilis Sekolah Kebangsaan untuk para pelajar dan mahasiswa, dan Akademi Digital Lansia.
Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi situs https://tularnalar.id/tentang-kami/ atau follow akun Instagram Tular Nalar di https://www.instagram.com/tularnalar/.

Tentang Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO)
Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) adalah organisasi sosial yang didedikasikan untuk memerangi misinformasi dan hoaks. Didirikan sebagai entitas nirlaba pada tahun 2016, MAFINDO memiliki lebih dari 95.000 anggota online dan 1.000 sukarelawan. MAFINDO memiliki 20 kantor yang tersebar di seluruh Indonesia dan bekerja di banyak bidang, termasuk namun tidak terbatas pada pencegahan hoax, hoax busting, pendidikan publik, seminar, lokakarya, advokasi, pengembangan teknologi anti-hoax, penelitian, dan keterlibatan di tingkat akar rumput. Informasi lebih lanjut ada di https://www.mafindo.or.id/tentang-kami/

Tentang Google.org
Google.org, sisi filantropis Google untuk menanggulangi beberapa tantangan terbesar umat manusia yang menggabungkan pendanaan, donasi produk, serta keahlian teknis dalam mendukung komunitas yang kurang terlayani. Google.org mendukung organisasi nirlaba, gerakan sosial, dan entitas sipil yang membuat dampak signifikan pada komunitas yang mereka layani, dan yang kegiatannya berpotensi menghasilkan perubahan positif yang terukur dan bermakna bagi umat manusia. Informasi lebih lanjut ada di https://www.google.org. (Rilis : Diana Aziz)

mung pujanarko

Mung Pujanarko, S.Sos, M.I.Kom. Situs - situs : - Situs resmi PPWI (Persatuan Pewarta Warga Indonesia), Dewan Redaksi http://www.pewarta-indonesia.com, -http://www.penanegeri.com -http://www.indonesiamediacenter.com Instruktur Jurnalistik Organisasi PPWI, Dosen tidak tetap pada Jurusan Jurnalistik STIKOM Indonesia Maju (STIKOM-IMA) Jakarta, Dosen ASMI-IBM jakarta. Mengajar di STIAMI. Alumnus jurusan Hubungan Internasional FISIP Universitas Negeri Jember (UNEJ), Alumnus Program Magister Jurnalistik IISIP (Institut Ilmu Sosial Ilmu Politik) Jakarta. Wadek III FIKOM Universitas Jayabaya. Next >

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال