Meriahkan HBA ke-63, Kejari Cilegon Gelar Pameran Kejaksaan Fair

 



 

Cilegon, IMC- Dalam rangka memeriahkan Hari Bhakti Adhyaksa ( HBA ) Ke- 63 Kejaksaan Negeri ( Kejari ) Cilegon menggelar Kejaksaan Fair, Rabu ( 12/7/2023 ), Kegiatan yang berlangsung di halaman kantor Kejari setempat di buka secara resmi oleh Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Banten, Didik Farkhan Alisyahdi.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Cilegon, Diana Wahyu Widiyanti dalam keterangan tertulis yang diterima media ini menyampaikan bahwa kegiatan Kejaksaan Fair di dedikasikan dan dipersembahkan untuk masyarakat Kota Cilegon dan sekitarnya.


“ Kejaksaan Fair di gelar sebagai upaya Kejaksaan untuk mendekatkan diri agar semakin humanis dengan masyarakat dan turut mengawal pembangunan nasional khususnya pembangunan kota cilegon sebagaimana tema hari bhakti adhyaksa Ke-63, kegiatan ini merupakan kerjasama, kolaborasi dan wujud dari sinergitas antara Kejaksaan Negeri Cilegon dengan Pemerintah Kota Cilegon, Forkopimda, Instansi vertikal yang ada di Kota Cilegon, BUMN maupun BUMD serta pelaku UMKM dan masyarakat di Kota Cilegon,” kata Diana.

Diana lebih lanjut menjelaskan bahwa kegiatan Kejaksaan Fair ini meliputi berbagai kegiatan di antaranya yaitu: Inovasi Kejaksaan Negeri Cilegon, Pelayanan hukum Gratis, Bazar UMKM Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Daerah Cilegon, Donor darah, Sunatan masal, Pemeriksaan Kesehatan Gratis, Pelayanan dan Pembayaran Pajak Daerah dari Bank BJB Cabang Cilegon, Pelayanan dan Pembayaran Pajak Daerah dari Bank Banten, Pasar murah dari Bulog, Pasar murah dari Pandeglang, Pelayanan BPJS Kesehatan, Pelayanan BPJS Ketenaga Kerjaan,  Pelayanan Sim keliling dari Polres Cilegon, Pembuatan kartu kuning kerja dari Dinas Ketenagkerjaan Kota Cilegon, Pelayanan Percetakan KTP EL, KK, KIA, AKTA KELAHIRAN, AKTA KEMATIAN dan IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL (IKD) dari Dukcapil Kota Cilegon


“ Sunatan massal dan cek kesehatan gratis bekerjasama dengan tim medis dari RSUD Kota Cilegon yang diikuti sekita 30 peserta sebenarnya yang mendaftar lebih dari 30 peserta namun karena keterbatasan tempat dan tenaga medis maka kami batasi,” ujarnya.

Kemudian kegiatan Donor darah hasil kerjasama dengan PMI Banten dan teman teman dari AL, TNI, POLRI dan pemkot cilegon yang mengirimkan anggotanya untuk mendonorkan darahnya untuk sesama.

Dalam Kejaksaan Fair juga diisi dengan Pameran INOVASI Kejaksaan Negeri Cilegon dan Rumah RJ Virtual dan Posko Pemilu Virtual.

“ Seperti diketahui bahwa diawal tugas Bapak Kajati di Banten Alhamdulillah 3 April 2023 telah meresmikan Rumah RJ Virtual dan Posko Pemilu Virtual yang oleh Bapak Kajati inovasi cilegon tersebut pada tangal 15 Juni 2023 diresmikan diberlakukan untuk seluruh kejaksaan negeri di seluruh provinsi banten,” beber wanita yang murah senyum.

Kejari Cilegon juga melakukan Penyelamatan Aset Kota Cilegon Khusus untuk kota Cilegon yang pertama kalinya di wilayah Banten program penyelamatan aset diresmikan oleh Kajati Banten.

“ Inovasi yang terbaru adalah “Wisata Literasi Hukum” dimana kejaksaan negeri cilegon menjadi rujukan bagi sekolah - sekolah maupun kampus yang ada di kota cilegon untuk mempelajari dan mengenal proses hukum dan institusi Kejaksaan, inovasi ini cukup mendapat sambutan dari pelajar dan mahasiswa terlihat dari banyaknya permintaan jadwal wisata literasi yang diterima Kejaksaan Negeri Cilegon, dan sudah terealisasi 4 sekolah dan 1 universitas yang telah memanfaatkan wisata literasi hukum kejaksaan negeri cilegon,” terangnya.

Kejaksaan Negeri Cilegon juga menggelar Podcast yang mengundang tokoh tokoh di kota Cilegon untuk berdialog hal hal yang sedang uptodate setiap minggu satu tokoh dan ini menjadi sebuah sarana publikasi yang sangat mengenai di hati masyarakat pada masa saat ini.

Selain itu, Pelayanan hukum gratis bidang perdata dan tata usaha negara yang kami lakukan door to door sampai pada stuktur pemerintahan terendah bahkan sampai RT RW. Tercatat sudah 4 kecamatan dari 8 kecamatan dan 21 kelurahan dari 43 kelurahan di Kota cilegon sudah mendapat pelayanan kami, bahkan antusiasme lurah dan camat begitu tinggi dan dengan keterbatasn personil dan waktu maka dilakukan secara bergiliran.

Disamping inovasi pelayanan dari semua pelayanan lainnya seperti antar barang bukti, pelayanan posko perwakilan kejaksaan di pelabuhan dll.

Disebutkan, dalam rangka menekan inflasi dan mencegah dampak inflasi di Kota Cilegon maka dalam Kejaksaan Fair kali ini diadakan Pasar Murah berkerjasama dengan Bulog Serang dan Agro Bisnis Mandiri Pemprov Banten.

Kemudian Kepedulian kejaksaan terhadap UMKM juga diwujudkan dengan menyediakan tenda tenda stand UMKM untuk dapat mempromosikan produk UMKM lokal cilegon yang tercatat diikuti oleh 30 UMKM.

Pelayanan pelayanan umum dari stakeholder terkait seperti : Pelayanan SIM dari polres cilegon, Pelayanan paspor dari imigrasi, Pelayanan ktp dari disdukcapil, Pelayanan BPJS kesehatan maupun ketenagakerjaan, Pelayanan kartu kuning dari disnaker, Pelayanan perbankan dari Bank Banten dan BJB (Bank Jawa Barat) dan Perpustakaan Keliling dari Dari Dinas Perpustakaan Kota Cilegon.

Dan terakhir dalam kegiatan ini Kejari Cilegon juga menggelar persembahan Dai Cilik.

“ Kami juga sengaja untuk membuat kegiatan pameran kejaksaan fair ini di Kantor Kejaksaan Negeri Cilegon agar kesan dan stigma kantor Kejaksaan atau Jaksa itu menakutkan itu sedikit demi sedikit terkikis karena kejaksaan dan Jaksa sudah berubah lebih humanis dan lebih dekat dengan masyarakat,” tandasnya.

Terakhir Kajari Cilegon berharap dengan kegiatan ini akan memicu semangat peningkatan kinerja bagi seluruh pegawai Kejaksaan Negeri Cilegon, mempererat sinergitas dengan instansi lain dan tentu Kejaksaan dapat berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat kota cilegon, membantu percepatan pemulihan ekonomi dan kejaksaan semakin dapat menjamin kepastian hukum yang humanis. ( Muzer )

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال