Pengabdian Masyarakat Ilmu Komunikasi Universitas Al Azhar bersama Komunitas Low Vision New Gen Nonton Bersama Teman Netra

  



Jakarta, IMC – Kegiatan menonton bersama teman netramerupakan kegiatan yang diadakan dalam rangka pengabdianmasyarakat Ilmu Komunikasi Universitas Al Azhar Indonesia. Kegiatan inibekerja sama dengan Komunitas Low Vision New Gen (Komloving).



Komloving merupakan sebuah komunitas yang mewadahi parapenyintas low vision untuk saling memberi dukungan, bertemu, sertaberkarya dalam keterbatasannya. Diharapkan dengan terlaksananya

kegiatan ini dapat memberikan semangat tambahan bagi teman netradan mengajak mahasiswa untuk lebih sadar dan paham tentang kondisilow vision.



Kegiatan ini dilangsungkan selama dua hari pada tanggal 5 Juni 2023hingga 6 Juni 2023 dengan melibatkan 15 sukarelawan dari mahasiswaIlmu Komunikasi Universitas Al Azhar Indonesia dan 15 teman netra dariKomunitas Low Vision New Gen.


Kegiatan dibuka di hari pertama dengan pengenalan dan pemberianmateri oleh Cut Meutia Karolina, M.Ikom mengenai pengertian,penyebab, ciri, dan latar belakang dari kondisi low vision. Selanjutnya,dipaparkan juga tentang bagaimana cara memperlakukan danmembimbing teman netra. Kemudian, kegiatan berlanjut dengan penggambaran mengenai tata cara menonton film bersama temannetra oleh Dr. Irwa Rochimah Zarkasi, M.Si. Kegiatan ditutup dengan sesitanya jawab oleh mahasiswa dan pemateri.


Kegiatan pada hari pertama hanya melibatkan 15 sukarelawan dari IlmuKomunikasi Universitas Al Azhar Indonesia yang berlangsung diLaboratorium Hubungan Internasional. Kegiatan pada hari pertamabertujuan untuk memberikan pemahaman awal mengenai kondisi lowvision serta mengajarkan mahasiswa tentang cara menjadi temanpembisik. Selain itu, kegiatan pada hari pertama juga bertujuan agarmahasiswa dapat mempelajari tentang cara membimbing danmendampingi teman netra.


Selanjutnya, kegiatan pada hari kedua yaitu kegiatan menonton filmbersama teman netra. Kegiatan ini berlangsung di Ruang AmpliteaterUniversitas Al Azhar Indonesia yang dibuka oleh MC. 


Kegiatan pada harikedua dimulai dengan sambutan dari Cut Meutia Karolina, M.Ikom yangmengutarakan rasa terima kasih dan harapan pada kegiatan kali ini.


Indra selaku perwakilan dari Komunitas Low Vision New Gen selanjutnyamemberikan pemaparan tentang latar belakang sehingga Komlovingdapat berdiri serta gambaran kondisi low vision yang dialami olehteman netra. Kemudian, kegiatan berlangsung dengan pemutaran film

“Noktah Merah Perkawinan”. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengantanya jawab kepada peserta mengenai pengalamannya selamamenonton film tersebut dan bernyanyi bersama teman netra.


Kegiatan ditutup oleh penyerahan plakat sebagai tanda ucapan terimakasih dari Ilmu Komunikasi Universitas Al Azhar Indonesia kepadaKomunitas Low Vision New Gen yang sudah turut berpartisipasi dalamkegiatan ini.

Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan mampu memberikansemangat kepada teman netra untuk terus berkarya dalam kondisiapapun dan memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenaikondisi low vision.

( Rsh/Red/Rls )

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال