Ceramah Kabadiklat: Isu Strategis dan Kepemimpinan Kinerja Organisasi



Jakarta, IMC- Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan ( Kabadiklat ) Kejaksaan RI, Tony Spontana mengatakan arah pembangunan SDM Aparatur ditujukan pada SDM Aparatur yang:  Berintegritas, Profesional, Netral dan bebas dari intervensi politik, Bersih dari praktik KKN, Mampu menyelenggarakan pelayanan publik bagi masyarakat,  Mampu menjalankan peran sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Juga mampu beradaptasi dengan perubahan global yang sangat dinamis.



Demikian disampaikan Kabadiklat Tony Spontana,  dalam ceramah pimpinan pada Pelatihan Kepemimpinan Administrator ( PKA ) Angkatan I di Kampus B Pusat Diklat Manajemen dan Kepemimpinan, Adhyaksa Loka, Ceger Jakarta, Jumat ( 9/6/2023 ).


Tony Spontana yang di dampingi Kepala Bidang Penyelenggara pada Pusat Diklat Manajemen dan Kepemimpinan, Setyo Utomo, juga menyampaikan bahwa Penyiapan SDM Aparatur ke depan harus diarahkan pada peningkatan daya saing yang komprehensif.



PEJABAT ADMINISTRATOR

Dalam paparannya, Tony menegaskan Pejabat yang bertanggung jawab memimpin pelaksanaan kegiatan yang dilakukan oleh pejabat pengawas dan pejabat pelaksana.


“ Pejabat pengawas bertanggung jawab mengendalikan pelaksanaan kegiatan yang dilakukan oleh pejabat pelaksana, di mana pejabat pelaksana bertanggung jawab melaksanakan kegiatan (pelayanan publik),” terangnya.


Dijelaskan juga bahwa Positioning menjadi penting bagi seorang pemimpin (pejabat administrator) untuk  memahami kinerja satuan kerjanya, termasuk kinerja unit, maupun kinerja organisasi secara utuh.


KINERJA ORGANISASI

Kinerja adalah situasi yang merupakan hasil yang telah/diharapkan terwujud dari pelaksanaan suatu aktivitas. Dengan demikian, kinerja tidak dapat disamakan dengan kerja karena dalam kinerja, ketercapaian dari hasil yang diharapkan terwujud, menjadi bagian yang utama.


“ Berdasarkan tingkat kedalamannya, kinerja dapat dibedakan atas kinerja makro, kinerja meso, dan kinerja mikro. Kinerja makro meliputi kinerja pada level organisasi yang besar, di mana di dalamnya terdapat berbagai bidang urusan. Kinerja mikro, di sisi lain, merupakan kinerja yang ditunjukkan pada level terendah, di mana sebuah organisasi langsung berhubungan dengan pengguna layanannya,”paparnya. 


Sementara itu kata Tony, kinerja meso merujuk pada kinerja dari:  sebuah bidang urusan dalam organisasi besar; atau  kinerja dari sebuah proses yang melibatkan lintas urusan.


MANAJEMEN KINERJA

Secara sederhana, manajemen kinerja dapat dimaknai sebagai gaya manajemen yang mengintegrasikan dan memanfaatkan informasi kinerja dalam proses pengambilan keputusan.


“ Integrasi berarti informasi kinerja menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam siklus manajemen, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, hingga pengendalian,”tatarnya.


KEPEMIMPINAN  KINERJA

Selanjutnya Kemampuan mengambil keputusan dalam mengaktualisasikan kepemimpinan kinerja dan manajemen kinerja sesuai bidang tugas di unit instansinya.


“ Dengan melakukan Inovasi, Kolaborasi, dan Optimalisasi potensi sumber daya (internal & eksternal). Untuk meningkatkan kinerja organisasi serta administrasi pemerintahan dan pembangunan. Secara berintegritas,” paparnya.


Pada kesempatan ini Kabadiklat juga menyampaikan Program Prioritas Nasional 7 Prioritas Nasional Dalam RKP Tahun 2023 dengan Tema:  Peningkatan Produktivitas Untuk Transformasi Ekonomi Yang Inklusif Dan Berkelanjutan.


Pertama Memperkuat Ketahanan Ekonomi untuk Pertumbuhan Berkualitas dan Berkeadilan, Mengembangkan Wilayah untuk Mengurangi Kesenjangan dan Menjamin Pemerataan, Meningkatkan SDM Berkualitas dan Berdaya Saing, Revolusi Mental dan Pembangunan Kebudayaan, Memperkuat Insfrastruktur untuk Mengembangkan Ekonomi dan Pelayanan Dasar, Membangun Lingkungan Hidup, Meningkatkan Ketahanan Bencana dan Perubahan Iklim dan Memperkuat Stabilitas Polhukam dan Transformasi Pelayanan Publik.


Selain itu Kabadiklat juga memaparkan tentang isu isu strategis, strategi pencegahan dan penanganan stunting, arah kebijakan rencana kerja Pemerintah Tahun 2024, isu isu strategis, dan Trilogi Kepemimpinan. 


Ceramah pimpinan Kabadiklat Kejaksaan RI dengan materi Isu Strategis dan Kepemimpinan Kinerja Organisasi, diikuti oleh seluruh peserta PKA Angkatan I Tahun 2023 sebanyak 30 peserta terdiri dari para pejabat eselon 3.( Muzer )

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال