Berikan PMT Mikro Stunting, PJ Bupati Tegaskan Penanganan Perlu Dukungan Semua Pihak

 





Aceh Tamiang, IMC - Penanganan stunting perlu dukungan semua pihak. Demikian disampaikan Pj. Bupati Aceh Tamiang, Dr. Drs. Meurah Budiman, SH, MH, saat pelaksanaan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Mikro Stunting di Kampung Jawa, Kejuruan Muda, Rabu (5/4/23), di Kantor Datok Penghulu setempat.


“Penghapusan stunting perlu didukung semua pihak. Tidak hanya pemerintah, tapi seluruh unsur yang ada, paling utama masyarakat,” sebutnya.


Memulai sambutannya dengan pantun, Pj. Bupati Meurah yang hadir bersama Ketua TP-PKK, Zuraidah Meurah, menjelaskan upaya-upaya penanganan stunting sangat memerlukan keterlibatan dan peran serta aktif masyarakat.


“Ini termasuk upaya kesehatan berbasis masyarakat,” jelas Pj. Bupati Meurah melanjutkan.


Disebutkannya, sejumlah upaya penanganan kasus stunting dan gizi buruk dapat dilakukan dengan memanfaatkan pekarangan rumah menjadi sumber pemenuhan pangan keluarga.


Ditambahkan oleh Pj. Bupati Meurah, dirinya meminta kepada segenap masyarakat Bumi Muda Sedia supaya memperhatikan asupan gizi para ibu hamil. Hal ini, katanya, ialah upaya pencegahan kasus anak lahir dalam kondisi stunting.


Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan, dr. Mustakim, menyampaikan bahwa PMT mikro stunting yang diberikan berupa beras fortifikasi, paket multivitamin guna merangsang pertumbuhan tulang anak, serta sejumlah paket makanan kaya gizi dan protein untuk membantu tumbuh kembang anak.


Mustakim menuturkan, pemberian makanan tambahan mikro tersebut diberikan khusus untuk anak dengan kasus stunting. Program ini, terangnya, menjadi yang pertama di Aceh.


“Makanan tambahan ini khusus untuk anaknya ya bapak/ibu, jangan untuk konsumsi satu keluarga,” ujarnya yang disambut tawa masyarakat yang hadir di lokasi.


Sebelumnya, Datok Penghulu Jawa, Suprayetno menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Pj. Bupati Aceh Tamiang bersama Ketua TP-PKK ke Kampung Jawa. Ia menerangkan, pihaknya senantiasa bersinergi dengan DPMKPPKB dan Dinas Kesehatan guna penanganan stunting di wilayahnya.


Tampak hadir mendampingi Pj. Bupati Meurah bersama Ketua TP-PKK, Kepala DPMKPPKB, Mix Donal, Camat Kejuruan Muda, Mukhtar Hadi bersama Ketua TP-PKK Kecamatan dan unsur Forkopimcam, Kabag Prokopim, Azwanil Fakhri, Kepala Puskesmas setempat, sejumlah pengurus TP-PPK, dan warga Kampung Jawa.

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال