ICA Chapter Indonesia Resmi Berdiri


Jakarta, IMC
- International Communication Association (ICA) Indonesia Chapter diresmikan  di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta, Indonesia, pada Selasa (7/3/23).  Prof. Noshir Contractor, presiden ICA, secara langsung melantik pengurus ICA Chapter Indonesia.

“Berdasarkan prinsip inclusion, diversity, equity, access (IDFA), ICA berusaha meningkatkan keterlibatan global, terutama dari negara-negara selatan,” jelas Noshir saat memberikan sambutan secara luring.

Noshir  menjelaskan bahwa mulai tahun 2023, ICA memulai ICA regional chapters. ICA Chapters dibangun dengan fleksibel dan responsif kepada permintaan dan kebutuhan lokal dan regional.

Lebih jelas Noshir menuturkan ICA adalah organisasi akademik komunikasi yang memiliki reputasi tinggi. ICA berdiri tahun 1950. Di tahun 1969 telah memiliki anggota 150 dari 28 negara. Saat ini ICA memiliki 6.800 anggota dari 87 negara.

Internasionalisasi ICA di luar Amerika Serikat dilakukan pertama kali tahun 2006 di Lima, Peru. Indonesia telah menjadi host regional conference pada tahun 2019 di Bali, dan menjadi ICA Hub sejak 2020. Yang lebih membanggakan Indonesia menjadi chapter pertama di dunia.

“Indonesia telah menunjukan keterlibatan yang sangat baik dalam program ICA,” puji Noshir. Para pengurus ICA Indonesia Chapter berasal dari berbagai perguruan tinggi dari berbagai pulau, mulai Sumatera Utara sampai dengan Papua, dengan diketuai Prof. Dorien Kartikawangi, dari Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta, Indonesia.

ICA Indonesia Chapter menjadi signifikan bagi pengembangan Ilmu Komunikasi di Indonesia, karena diupayakan juga mampu menjangkau anggota yang tidak mampu menjangkau ICA Headquarter.

Rektor Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta, Indonesia, Dr. Agustinus Prasentyantoko memberikan apresiasi yang tinggi terhadap inisiasi peresmian ICA Indonesia Chapter.

 “Ilmu Komunikasi menunjukan kemajuan dengan profesor-profesor baru, dengan ICA Indonesia Chapter bisa semakin meningkatkan rekognisi internasional,” jelasnya saat memberi sambutan.

Peresmian ICA Indonesia Chapter dirangkai dengan kuliah umum Prof. Noshir Contractor dengan judul People Analytics: Using Digital Exhaust from the Web to Leverage Network Insights in the Algorithmically Infused Workplace. Lebih dari 400 akademisi secara antusias mengikuti kuliah umum secara daring.

Anggota ICA Indonesia Chapter akan mendapatkan akses jejaring, pembelajaran dan pengembangan, peran serta dan rekognisi oleh komunitas internasional.  Bergabung dengan ICA Indonesia Chapter akan meningkatkan kemampuan dan berbagi wawasan serta praktik terbaik untuk menghadapi tantangan hari ini dan esok. Melalui Indonesia Chapter, para anggota bisa meningkatkan kredibilitas dan reputasi profesional sebagai anggota organisasi profesional internasional.

ICA Indonesia Chapter akan melayani seluruh wilayah Indonesia yaitu Barat, Tengah, dan Timur dengan 38 provinsi dan 300 perguruan tinggi. Adapun beberapa acara telah direncanakan untuk tahun 2023 dari konferensi internasional, serangkaian kuliah, dan rangkaian lokakarya.

Biaya keanggotaan sangat terjangkau, yaitu untuk undergraduate students sebesar Rp. 120.000 (USD 8), graduate students  sebesar Rp. 240.000 (USD 16), sedangkan untuk dosen, individual sebesar Rp. 360.000 (USD 22) dan  institusional Rp. 1.000.000 untuk 3 orang (USD 66). Terakhir untuk profesional adalah Rp. 500.000 (USD 33).

ICA Indonesia Chapter mengajak mahasiswa, dosen, praktisi dan policy makers komunikasi untuk bergabung di ICA Indonesia demi ilmu dan kehidupan komunikasi di Indonesia, serta mengglobalkan Indonesia dalam praktik terbaik bidang komunikasi. ( RSH/ Red )

 

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال