Puskesmas Kecamatan Bendahara Melakukan Kegiatan Bulan Penimbangan Balita dan Pemberian Vitamin A

 




Bendahara, IMC - Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Bulan Penimbangan Balita (BPB) dan pemberian vitamin A pada balita di Februari ini, UPTD Puskesmas Kecamatan Bendahara. Senin (6/2/23)

"Bulan penimbangan balita ialah kegiatan penimbangan berat badan dan pengukuran panjang/tinggi badan pada balita usia 0-59 bulan di masing-masing posyandu".


Sedangkan kegiatan BPB dapat diintegrasikan dengan distribusi pemberian kapsul vitamin A dosis tinggi pada balita usia 6-59 bulan, untuk balita 6-11 bulan mendapatkan 1 kapsul vitamin A dosis tinggi warna biru dengan dosis 100.000 IU dan usia 12-59 bulan vitamin A dosis 200.000 IU.


Dan manfaat pemberian vitamin A ini untuk meningkatkan data tahan tubuh dan kesehatan mata (mencegah rabun senja), sehingga secara umum dapat mendukung dalam penurunan risiko kesakitan dan kematian pada balita. Ungkap Lena





Semetara itu, ada dua alat yang digunakan untuk menimbang berat badan balita adalah Dacin dan Baby scale. Kedua alat tersebut sudah standar menurut WHO untuk penimbangan berat badan, karena tingkat ketelitian capai 0,1 kg. Kalau alat untuk mengukur panjang badan (length board) dan tinggi badan (microtoise).


Kegiatan ini juga merupakan membantu para kader kesehatan di setiap Posyandu yang menyelenggarakan BPB dan pemberian vitamin A ini, dengan melakukan supervisi kepada para kader kesehatan mulai dari pelaksanaan protokol kesehatan saat akan masuk posyandu, yaitu social distancing, mencuci tangan, dan pengukuran suhu.



Selain itu, para Petugas juga melakukan supervisi saat pencatatan identitas, penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, hingga cara pemberian vitamin A kepada para ibu balita. Kader pelaksana Ukur badan dan timbang badan balita dalam melaksanakan tugasnya juga dilengkapi dengan APD (Alat Pelindung Diri).


Bulan penimbangan balita dan pemberian vitamin A di hadiri Kepala Puskesmas Bendahara Lena Ambryna SKM,Ketua PPK,Camat Bendahara,Danramil, Kapolsek dan tim Dinkes ketuai oleh dr Ebi.

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال