Pemkab Ajak Mahasiswa KKN Kolaborasi Perkuat Ekonomi Kampung

 





Langsa, IMC - Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang mengajak para mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) berkolaborasi membangkitkan potensi ekonomi perdesaan. Hal ini disampaikan Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh & Kesejahteraan Rakyat Setdakab, Muslizar, S.Pd, MM, saat memberikan pembekalan kepada 64 mahasiswa peserta KKN Universitas Samudra, Langsa, Kamis (12/1/23) di aula 1 Gedung Biro Rektor setempat.


Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh & Kesejahteraan Rakyat Setdakab, Muslizar, yang hadir mewakili Pj. Bupati Meurah Budiman dalam paparannya menyampaikan sejumlah strategi dan langkah yang telah dilakukan Pemkab Aceh Tamiang dalam upaya menggerakkan ekonomi perdesaan tersebut.


“Masyarakat, pemerintah, dan kelompok mediasi adalah mitra sejajar dalam menggali potensi dan menggerakkan ekonomi di kampung atau perdesaan,” sebutnya.


Diuraikan Muslizar, pemerintah lebih berperan memfasilitasi terbentuk dan berkembangnya ekosistem perekonomian desa secara berkelanjutan. Sementara, masyarakat didorong berpartisipasi aktif menggali potensi dan menggerakkan ekonomi desa. Sedangkan kelompok mediasi berperan sebagai pendukung dan katalisator pembangunan ekonomi desa tersebut supaya berkelanjutan.


“Nah, pihak kampus dalam hal ini adik-adik mahasiswa KKN Unsam berada di posisi kelompok mediasi ini. Kami dari Pemkab berharap, dalam waktu yang relatif singkat, adik-adik nanti mampu memerankan kelompok mediasi ini dengan optimal,” ucapnya memotivasi.


Selain Muslizar, Camat Seruway yang ikut menjadi pemateri pembekalan mahasiswa KKN, Rusni Devi Ariyanti Manulang menuturkan, pihaknya mengapresiasi Unsam yang akan mengirimkan mahasiswa program KKN di wilayah kerjanya. Dijelaskannya, sebagai Camat, dirinya tidak asing lagi dengan program tersebut.


Seraya memaparkan profil Kecamatan Seruway, Devi mengharapkan, para mahasiswa KKN nantinya mampu beradaptasi, membangun komunikasi yang baik, dan berkolaborasi dengan aparatur pemerintahan dan masyarakat setempat.


Kegiatan pembekalan mahasiswa KKN berlangsung menarik dalam suasana yang hangat. Para dosen dan mahasiswa yang mengikuti kegiatan tampak aktif berdiskusi dengan para pemateri.


Dijadwalkan, 64 mahasiswa Universitas Samudra akan melakukan KKN di 12 kampung dalam Kecamatan Seruway. Rencananya, pelaksanaan akan dimulai medio bulan Januari 2023 hingga awal Maret nanti.


Tampak hadir mendampingi Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh & Kesejahteraan Rakyat, Kabag Prokopim, Azwanil Fakhri, dan Kabag Keistimewaan Aceh & Kesejahteraan Rakyat, Julian Mukhlis.

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال