Lewat Penyuluhan Kesehatan Degeneratif, Danrem Wijayakusuma Himbau Prajuritnya Jaga Pola Hidup Sehat



Banyumas | IMC - Hal tersebut dikatakan Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., dalam amanat tertulisnya yang disampaikan Kasipersrem 071 Wijayakusuma Mayor Inf Dyan Niti Sukma, pada Penyuluhan Kesehatan Penyakit Degeneratif bagi para prajurit dan PNS Korem 071/Wijayakusuma. Kamis (23/2/2023) di Gedung Pertemuan A. Yani Makorem 071/Wijayakusuma, Sokaraja, Banyumas.

Dikatakan lebih lanjut oleh orang nomor satu di Wijayakusuma, kesehatan sangat penting bagi prajurit dan PNS beserta keluarganya, karenanya segenap prajurit, PNS dan keluarganya harus dapat menjaga pola hidup sehat dalam berkehidupannya.

Namun demikian, sejalan dengan berjalannya waktu, dan usia prajurit serta PNS bertambah yang pada akhirnya mengalami kerentanan terhadap berbagai penyakit seperti penyakit Degeneratif.

Seperti penyakit jantung, hipertensi dan diabet militus. Sehingga nantinya, prajurit dan PNS beserta keluarganya dapat menghindari dan mencegahnya. 

"Dengan penyuluhan kesehatan Degeneratif ini, diharapkan segenap prajurit dan PNS beserta keluarganya akan semakin sadar dan peduli untuk menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat dalam kehidupannya, serta menjaga kesehatannya dengan melakukan olahraga terprogram baik disatuan maupun mandiri", himbaunya.

Penyuluhan kesehatan Degeneratif diselenggarakan Korem 071/Wijayakusuma bekerjasama dengan tim penyuluh kesehatan dari Rumkit TK-III A 04-06-01 Wijayakusuma Purwokerto dipimpin Kapten Ckm Eko Yuliono. 

Dikatakan oleh Dokter Tangguh Budi Prasetyo sebagai penyuluh, penyakit Degeneratif adalah penyakit tidak menular yang terjadi akibat penurunan fungsi organ tubuh dan penuaan. Penyebab penyakit Degeneratif yang utama adalah pola makan yang tidak sehat. "Teori yang berkaitan dengan penyakit degeneratif adalah radikal bebas dan hambatan pertumbuhan. Beberapa jenis penyakit degeneratif yaitu tekanan darah tinggi, kegemukan, diabetes melitus, kanker dan penyakit kardiovaskular", katanya.

Penyakit degeneratif memiliki faktor-faktor penyebab yang dapat diubah maupun tidak dapat diubah. Prevalensi penyakit degeneratif meningkat seiring pertambahan usia. Angka prevalensi meningkat pada pasien yang sering menghirup gas buang kendaraan. Penurunan angka prevalensi dapat dilakukan dengan konsultasi gizi. 

“Faktor gaya hidup bisa meningkatkan resiko terkena penyakit Degeneratif diantaranya konsumsi makanan yang tidak sehat, kurang berolahraga, merokok dan konsumsi minuman beralkohol. Ancaman penyakit Degeneratif seperti obesitas, jantung coroner, hipertensi, stroke, diabetes melitus dan kanker menghantui manusia di umur 40 tahun keatas", paparnya.(Sty) 

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال