Ini Pesan Kabadiklat Kejaksaan RI Tony Spontana saat Melantik Pejabat Eselon III

 


Jakarta, IMC
- Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan ( Kabadiklat ) Kejaksaan RI Tony Spontana memimpin upacara pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat eselon III di lingkungan Badiklat Kejaksaan RI, Jakarta, Kamis ( 16/2/2023 ).

Adapun pejabat yang dilantik dan diambil sumpahnya adalah Mukhlis, SH sebagai Kepala Bagian Keuangan menggantikan Anik Anifah, SH. MH yang mendapat promosi sebagai Kajari Kota Pekalongan, kemudian Dian Fris Nalle, S.H., M.H. sebagai Kepala Bidang Penyelenggara pada Pusat Diklat Teknis Fungsional, menggantikan Dr. Muslikhuddin, S.H., M.H yang mendapat promosi sebagai Kordinator pada Jamdatun Kejagung  dan Dr. Gregorius Hermawan Kristyanto, S.H., M.H sebagai Kepala Bidang Program dan Evaluasi pada Pusat Diklat Manajemen Kepemimpinan Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan R.I. menggantikan pejabat lama  Azwad Zamroddin, S.H., M.H. yang dikaryakan oleh pimpinan di luar institusi.


Pelantikan diawali dengan pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin oleh inspektur upacara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara sumpah jabatan,  Penyematan tanda jabatan, dan penandatanganan serah terima jabatan serta  memori serah terima jabatan dari pejabat lama kepada pejabat baru.

Kabadiklat Kejaksaan RI Tony Spontana dalam sambutannya mengatakan, memasuki masa transisi setelah berakhirnya dan dicabutnya PPKM oleh pemerintah, sehingga kegiatan penyelenggaraan diklat yang dilakukan secara daring menjadi klasikal atau tatap muka.


Oleh karena itu Kabadiklat kepada jajarannya membutuhkan kerja keras dan keteladanan, “ Dibutuhkan energi lebih untuk tetap membangun kebersamaan guna suksesnya penyelenggaraan diklat tahun 2023 ini. Jadikanlah penyelenggaraan ini sebagai tantangan bukan beban,” ujar Kabadiklat Tony Spontana..

Tony juga berharap kedepan atasan harus menjadi role model bagi bawahannya. Hal itu sejalan dengan visi dan misi pemerintah yaitu pengembangan dan peningkatan sumber daya manusia indonesia yang unggul dan maju.

“ Sumber daya manusia yang dapat bersaing dan berperan dalam mengisi pembangunan nasional untuk indonesia maju, maka Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan R.I mempunyai peranan strategis dan penting,” katanya.

“ Strategis karena badan pendidikan dan pelatihan kejaksaan menjadi garda terdepan dalam rangka mendidik, melatih sekaligus membentuk insan-insan adhyaksa yang berintegritas, kompeten, berdaya saing tinggi, jujur dan tangguh dalam melaksanakan tugas-tugasnya,” imbuhnya.

Menjadi Penting, mantan Staf Ahli Jaksa Agung menuturkan, karena Badan Pendidikan Dan Pelatihan Kejaksaan R.I menjadi bagian dan tolak ukur dalam menyiapkan sumber daya manusia kejaksaan untuk menempati pos[1]pos pengabdian di seluruh Indonesia sesuai bakat dan kemampuan masing-masing.

“ Sehingga pada tahun-tahun selanjutnya penentuan program-program diklat selayaknya disandarkan pada kebutuhan strategis dan jangka panjang. Yang disusun secara komprehensif, menyentuh pada peningkatan kompetensi para penegak hukum agar profesional dan berintegritas serta mampu meningkatkan kinerja dan capaian keberhasilan penegakan hukum,” ujarnya.


Untuk itu orang nomor satu di Badan Diklat Kejaksaan RI ini mengharapkan kepada pejabat yang baru saja dilantik, agar harus mampu beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan cepat dan menyadari bahwa penempatannya di Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan sangat dibutuhkan lembaga.

“ Tularkan pengalaman saudara dengan memberikan kontribusi pemikiran dan keteladanan pada semua pihak di Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan R.I.,” pintanya.

Kabadiklat juga meminta jajarannya dalam mengurusi lembaga pendidikan dan pelatihan dibutuhkan sikap dan dedikasi yang tinggi dengan jiwa besar untuk mencetuskan ide[1]ide cemerlang dengan sentuhan harmoni yang seimbang antara pengetahuan, pengalaman dan intuisi seni.


“ Kepada saudara Kepala Bagian Keuangan pada Sekretariat Badan Diklat bapak Mukhlis, S.H. yang baru saja dilantik untuk lebih meningkatkan tugas koordinasi dan pengelolaan anggaran penyelenggaraan diklat. Melakukan verifikasi dan penyelenggaraan diklat yang lebih akuntable dan transparan,’.

“ Kepada saudara Kepala Bidang Penyelenggara pada Pusat Diklat Teknis Dan Fungsional, bapak Dian Fris Nalle, S.H., M.H. yang baru saja dilantik untuk lebih mengintensifkan rencana penyelenggaraan PPPJ tahun 2023 dengan melakukan koordinasi dan kerjasama kepada semua pihak yang berkepentingan dan penyelenggara, melakukan pengendalian dan pelaporan terhadap kendala dan hambatan yang mungkin akan ditemukan pada saat penyelenggaraan diklat secara klasikal penuh,”.

“ Kepada saudara Dr. Gregorius Hermawan Kristyanto, S.H., M.H.untuk lebih meningkatkan koordinasi dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) dan intansi terkait terhadap penyelenggaraan Diklat PKP dan PKA yang menjadi andalan Pusat Diklat Manajemen Kepemimpinan,”.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini Kabadiklat juga takm lupa mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tinggi kepada Kepala Bagian Keuangan yang lama Anik Anifah, S.H., M.H. dan Kepala Bidang Penyelenggara yang lama Dr. Muslikhuddin, S.H., M.H., serta Azwad Zamroddin, S.H., M.H. kepala Bidang Program dan Evaluasi yang telah berperan aktif dan menjadi bagian terpenting dari kemajuan Badan Diklat.

“ Selamat bertugas dan sukses atas promosi yang telah diterima,’’ tandasnya.

Kemudian dilanjutkan dengan acara pisah sambut bagi pejabat lama dengan pejabat baru dan acara pengantar tugas bagi pegawai yang telah memasuki purna atau pensiun. ( Muzer )

 

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال