Festival Silat Pelintau Aceh Tamiang Ajang Regenerasi SDM

 






Aceh Tamiang, IMC - Demi menjaga eksistensi nilai-nilai dan tradisi budaya yang telah berkembang sejak lama di Aceh, khususnya adat budaya yang ada di Negeri Muda Sedia, Sabtu, (3/12/22) Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang menggelar Festival Silat Pelintau.Minggu, (4/12/22)


Bupati Aceh Tamiang yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Drs. Abdul Muthalib mengatakan ajang ini dilaksanakan untuk dapat menggambarkan kebudayaan tradisional beladiri pencak silat yang tumbuh dan berkembang ditengah-tengah masyarakat yang ada di Bumi Muda Sedia ini, serta menciptakan regenerasi seni beladiri pencak silat pelintau terhadap generasi muda.


“Silat Pelintau Tamiang menonjolkan keindahan serta seni bela diri bagi orang Tamiang tempo dulu. Dimana filosofinya pelintau lahir dari kearifan lokal alam Tamiang yang bermakna memapah kehidupan”, ujar Kepala Disdikbud Aceh Tamiang. 


Ketua Dewan Kesenian Aceh Tamiang, Tengku Nuriza Auliatami mengatakan persiapan ferstival ini sudah dilakukan sejak Juni 2022. 


“Melakui ajang ini, semoga adik-adik ini siap menjadi SDM baru pendekar pelintau Tamiang”, ungkap Aulia.


Fariani, S.Sos mewakili Kemendikbud dan Ristek mengatakan kebanggaannya dengan kreatifitas generasi muda saat ini (komunitas/sanggar seni dan budaya), terutama terhadap panitia. Sebab kegiatan ini memiliki arti penting dan bermakna strategis dalam upaya kemajuan kebudayaan. 


“Saya mengajak seluruh masyarakat/kelompok budaya terus aktif dalam pemajuan kebudayaan secara bersama-sama dan terpadu. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi

kita semua, khususnya kepada seluruh masyarakat Aceh Tamiang”, tutur Fariani.


Perlu diketahui bersama, Silat Pelintau khas Tamiang telah di tetapkan oleh Pemerintah Pusat melalui Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya serta Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud sebagai warisan budaya tak benda (WBTB) Indonesia tahun 2019 pada tanggal 13 sampai dengan 16 Agustus 2019 di Hotel Millenium Jakarta.

Post a Comment

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال